Banner Pemprov 17 Agustus

Sumsel Segera Miliki Komisi Perlindungan Anak

Gubernur Hadiri Peringatan HAN 2019

PALEMBANG, koranindonesia.id – Ratusan anak dari berbagai latar belakang pendidikan dan daerah hadir pada puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang digelar di Halaman Griya Agung, Rabu (17/7) pagi.

Selain acara peringatan hari anak, pada acara ini juga digelar berbagai penampilan tari kreasi dan penampilan menyanyi dari anak-anak dari Provinsi Sumsel. Tampak anak-anak dari berbagai penjuru di Provinsi Sumsel ini menikmati setiap rangkaian acara yang disajikan pada puncak peringatan hari anak tersebut.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru menuturkan, saat ini jumlah anak di Sumsel sebanyak 3.025.846 (BPS, 2018), sedangkan untuk jumlah kekerasan terhadap anak sebanyak 309 kasus 2018). Hal tersebut dikatakannya sebagai gambaran anak-anak di Provinsi Sumsel masih ada yang mendapati kekerasan dan membutuhkan penanganan  yang konkrit. Oleh sebab itu pula Ia menegaskan Provinsi Sumsel dalam masa kepemimpinannya telah menggagas komisi perlindungan anak sudah yang sudah di tanda tangani peraturan Gubernurnya.

“Terlepas dari maraknya kasus-kasus kekerasan terhadap anak, tidak dipungkiri upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya untuk memenuhi hak anak dan perlindungan terhadap anak telah mengalami kemajuan yang cukup berarti,” tuturnya

Menurutnya, Peringatan hari anak nasional pada hari ini juga merupakan suatu momentum yang akan mengemban visi dan misi yang penting, strategis dan monumental dalam upaya meningkatkan hak azasi dan kehormatan terhadap anak-anak di Indonesia khususnya Provinsi Sumsel, serta meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa.

“Hari Anak Nasional (HAN) merupakan momentum penting untuk menggunggah dan meningkatkan kepedulian setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media serta pemerintah akan pentingnya peran, tugas, dan kewajiban masing-masing dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak di Sumsel,” ungkapnya

Pada kesempatan itu, Ia mengucapkan  selamat atas terpilihnya anak-anak sebagai pengurus Forum Anak Provinsi Sumatera Selatan periode tahun 2019-2021. Serta Orang nomor satu di Provinsi Sumsel ini pula mengapresiasi anak-anak yang telah memiliki komitmen untuk berpartisipasi dalam pembangunan di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Jadilah Pelopor dalam kebaikan dan pelapor tindak kekerasan di lingkungannya. Jadilah anak yang gembira, gesit dan empati merespon perubahan-perubahan yang sangat cepat di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan dan kesenian serta berani menjaga hak-haknya semua Anak dan melaksanakan kewajibannya untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia,” pungkasnya. (rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.