Banner sumsel

Sumsel Raih Provinsi Terbaik Pendukung KUR

JAKARTA, koranindonesia.id – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) Nasrun Umar menghadiri pemberian penghargaan bagi pemerintah daerah terbaik, penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbaik, penjamin KUR terbaik-pendukung Program KUR 2017.

Acara KUR AWARD sendiri berlangsung di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Keberhasilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dalam mendukung dan memajukan koperasi dan UMKM di Sumsel menghasilkan buah positif, terbukti Pemprov Sumsel meraih peringkat terbaik ketiga untuk kategori Pemerintah Daerah / Provinsi Terbaik Pendukung KUR.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel Nasrun Umar.

Ketua Tim Penilai yang juga Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Iskandar Simorangkir menuturkan, pemberian penghargaan ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan program KUR.

Untuk penilaiannya, telah berlangsung sejak Desember 2017 lalu. Proses penilaian diantaranya, pemenuhan tugas-tugas terkait Program KUR.

“Pada tahap pertama ada 161 Pemerintah Provinsi (Pemprov), Kabupaten/Kota yang ikut ambil bagian untuk dinilai, selanjutnya yang lolos penilaian tahap kedua ada 80 Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota. Tahap terakhir ada 22 Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota yang lolos sebagai nominator terbaik,” kata Iskandar Simorangkir.

“Dari 22 pemerintah daerah, di antaranya 6 Provinsi, 10 Kabupaten/Kota di Pulau Jawa, dan 6 Kabupaten/Kota di luar Pulau Jawa,” imbuhnya.

(FOTO/HUMAS PEMPROV)

Menko Perekonomian RI Darmin Nasution memberikan apresiasi tinggi kepada penerima penghargaan. “Selamat kepada para pihak yang mendapatkan penghargaan pada acara ini.” ungkapnya.

Darmin mengharapkan kepada semua pihak untuk membuat kartu perekam kredit, kartu elektronik Sistem Informasi Kredit Program (SIKP).

“Ada sebanyak 476 pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten/Kota atau 88 % dari total 542 Pemda yang telah memiliki user name SIKP,” papar Darmin.

“Jumlah data calon debitur yang sudah diunggah oleh Pemda hanya sebanyak 129.492 calon (0,98%) dari 13,28 juta calon debitur. Selebihnya sebanyak 13,15 juta (99,02%) calon debitur diunggah oleh Penyalur KUR,” pungkasnya

Untuk diketahui, para penerima penghargaan untuk Pemda Pendukung KUR terbaik peringkat 1 adalah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), peringkat 2 Provinsi Jawa Timur, dan peringkat 3 Provinsi Sumsel.

Untuk Kabupaten/Kota di Pulau Jawa, peringkat 1 dan seterusnya adalah, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Demak. Untuk Kabupaten/Kota di Luar Pulau Jawa, peringkat 1 dan seterusnya, Kabupaten Bangli, Kabupaten Tanah Laut, dan Kota Banjar Baru.

(ded/rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.