Sukseskan Asian Games 2018, Disdik Terjunkan Siswa SMK

PALEMBANG, koranindonesia.id – Even olahraga level internasional Asian Games 2018, akan digelar di Kota Palembang pada Agustus Mendatang.

Karenanya, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) memanfaatkan momentum tersebut sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengalaman kepada pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya pelajar program keahlian kepariwisataan untuk dapat magang dan praktik di hotel-hotel dan travel yang menjalin kerjasama dengan pihak penyelenggara Asian Games.

Kepala Disdik Sumsel, Widodo melalui Kepala Bidang (Kabid) SMK Erlina mengatakan, untuk jurusan perhotelan pastinya, siswa akan magang di hotel di tempat atlet Asian Games menginap, dimana mereka akan memberikan pelayanan prima.

Kemudian, untuk jurusan Usaha Perjalanan Wisata, pihaknya akan bekerjasama dengan hotel dan pihak travel, agar siswanya dapat menjadi guide atau pemandu bagi tamu yang akan datang di Sumsel, di mana mereka akan merekomendasikan tempat-tempat wisata di Palembang khususnya dan di Sumsel pada umumnya.

Lalu untuk jurusan Tata Boga, siswa akan memberikan food and bavarage service bagi pejabat dan atlet. Jurusan Tata Busana bisa mengambil order untuk bordir atau sablon t-shirt logo atau gambar maskot Asian Games.

Sementara itu, bersama SMK Pertanian, Teknologi, Bisman dan Multimedia di Sumsel, pihak Disdik  akan memperkenalkan kuliner dan busana daerah atau produk SMK di Sumsel, melalui kegiatan gebyar budaya maupun pameran bertepatan dengan pembukaan FLS2N sebelum perhelatan Asian Games dimulai nantinya.

“Momen ini dapat memberikan pengalaman bertaraf internasional kepada pelajar kita. Tentunya ini suatu pelajaran yang berharga bagi mereka, karena tidak setiap kesempatan mereka dapat praktik atau magang pada momen akbar seperti ini,” katanya, Kamis (28/6/2018).

Erlina menjelaskan, program magang di hotel-hotel ternama di Kota Palembang ini, sudah dimulai pada awal tahun ajaran baru dengan kurun waktu magang antara 3-6 bulan. “Sesuai tujuannya, kita akan siapkan lulusan SMK yang siap kerja,” tukasnya. (sen)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.