Banner sumsel

Sugiono, Konten Kreator Asli Wong Kito yang Viral di Sosial Media

 

PALEMBANG, koranindonesia.id –Sosok Sugiyono sudah tidak asing lagi bagi siswa Xaverius 3 Palembang (Xavega) dan para alumninya. Apalagi setelah sukses membuat video parodi Dilan beberapa waktu lalu, pria yang sehari-hari kerja sebagai bagian dapur sekolah ini sukses menjadi konten kreator yang videonya viral di sosial media.

Melalui akun Youtube Lajukelah, video berjudul ‘Tips Jitu Daun Pisang’ yang diupload 8 April lalu berhasil membuat warganet terpingkal dan sedikit geram. Bahkan sudah hampir 2000 kali ditonton oleh warganet. Banyak yang tak menyangka, jika pria yang kesehariannya dipanggil Yai oleh anak-anak ini merupakan konten kreator asli Palembang.

Disinggung mengenai dirinya yang viral berkat video parodi kocaknya, Sugiono hanya berharap generasi muda bisa lebih kreatif lagi dalam membuat karya. “Dari kecil saya sudah suka seni peran, suka berakting apa saja. Semua peran saya terima asalkan jangan peran orang gila,” ungkapnya sembari tertawa.

Ayah dua anak ini memang terkenal lucu dan suka melempar joke spontan kepada siswa maupun kalangan guru. Tak heran jika pihak sekolah sengaja membuat akun Youtube sendiri untuk video kocaknya. “Saya suka aja rasanya kalau membuat orang lain tertawa, menghibur siapa saja. Jadi kalau diajak bikin video saya selalu sanggupi,” terangnya yang sudah bekerja di Xavega selama 28 tahun.

Uniknya, meskipun viral di sosial media Sugiono mengaku tak punya akun sosmed satu pun. Bahkan HP pun ia tak punya dan selama ini hanya diinformasikan oleh kedua anaknya. “Pernah waktu itu saya mampir ke mini market, terus ada yang bilang eh ini Yai ya? yai yang suka vlog? terus saya bingung vlog itu apa. Saat tahu artinya video baru saya bilang iya,” ungkapnya polos.

Script writer sekaligus sutradara video Tips Daun Pisang, Toni mengatakan, pihaknya tak menyangka video tersebut bisa direpost berbagai akun dan viral kemana-mana. Apalagi melihat komentar dari warganet dan respon kocak mereka terhadp video berdurasi 2 menit 26 detik itu. “Awalnya dikira pak Sugiono orang Jawa, tapi setelah viral di sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter barulah ketahuan aslinya orang Palembang,” ujarnya.

Toni mengakui, tak ada kesulitan saat membuat konten bersama Sugiono. Terutama video Tips Daun Pisang ini yang hanya one take. “Orangnya sederhana, tapi cepat menangkap arahan kita. Tak ada script khusus yang kita berikan. Hanya mendengarkan arahan dan sedikit improvisasi dari dia, jadilah videonya,” ungkapnya.

Ia berharap, menjadikan Sugiono sebagai konten kreator bisa memotivasi generasi muda untuk lebih kreatif dalam berkarya. Apalagi jika membuat konten positif. “Yang jelas ke depan kita akan produktif lagi dengan mengangkat tema dan isu berbeda. Tentunya harus lebih kocak dan menarik untuk ditonton. Saat ini sudah ada sekitar 25 video di akun Youtube Lajukelah tersebut,” terangnya. (Yul)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.