Banner sumsel

Sssttt, Harap Tenang Ada Ujian

PALEMBANG, koranindonesia.id – “Harap Tenang Ada Ujian” begitulah tulisan yang tertempel di ruang hampir disetiap Sekolah Menengah Atas (SMP) sederajat di seluruh Indonesia. Seperti yang terjadi hari ini, Senin (23/4) dimana sedang berlangsung ujian nasional berbasis komputer (UNBK) maupun kertas dan pensil (UNKP) tingkat SMP.

Salah satunya terjadi di SMPN 13 Palembang, nampak  siswa kelas IX tengah tertunduk membaca soal ujian (untuk UNKP) dengan konsentrasi tinggi agar mendapat nilai terbaik meski hasil ujian tersebut bukan penentu kelulusan mereka.

“Ssstttttttt, jangan berisik. Ada ujian,” ujar Kepala SMPN 13 Palembang Sabaruddin berbisik saat ditemui awak media disela berlangsungnya ujian.

Pria yang akrab disapa Sabar ini mengatakan, sampai saat ini tidak ada kendala dari mulai persiapan hingga ujian berlangsung. Terang saja, dari 386 siswa kelas IX di sekolahnya tidak ada yang absen atau tidak masuk. “Semuanya masuk. Sesuai jadwal hari ini kita mulai ujian pukul 10.30 hingga 12.00 WIB,” paparnya.

Untuk keamanan sendiri, pihaknya yakin tidak ada kebocoran soal. Pasalnya, soalnya hanya diambil dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang pada saat ujian berlangsung sesuai mata pelajaran yang diuji dan dikembalikan pada hari itu juga. “Soal diambil dan dikirim kembali tiap harinya, pengambilan ke disdik jam 06.15 dan dikembalikan lagi sekitar jam 12.00 WIB,” ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan, untuk tahun depan pihaknya akan berupaya untuk menjalankan UNBK mengingat kemajuan zaman dan kepraktisan ujian tersebut. Namun diakuinya, sampai saat ini pihaknya terkendala dengan sarana dan pra sarana penyelnggaraan ujian tersebut di mana minimal ada 1:3 antara komputer dan siswanya. Sementara di sekolahnya baru ada 30 unit komputer saja. “Yang ada itupun kita belum tahu apakah sesuai spesifikasinya untuk menjalankan UNBk. Namun kita optimis tahun depan sudah bisa UNBK,” pungkasnya. (sen)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.