Banner Pemprov Agustus

Soal Pernyataan TNI Seperti Gerombolan, Effendi Simbolon Akhirnya Minta Maaf

JAKARTA, koranindonesia.id – Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon akhirnya meminta maaf terkait pernyataannya yang menyebut TNI seperti ‘gerombolan’.

“Saya dari lubuk hati paling dalam saya minta maaf atas perkataan saya yang menyakiti di hati prajurit siapapun dia dari mulai tamtama perwira sampai sesepuh dengan pernyataan yang diartikan lain,” kata Effendi kepada wartawan di ruang rapat Fraksi PDIP, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Sementara Utut Adianto yang mendampingi Effendi lewat pengantarnya mengatakan, hari ini adalah hari terbaik bagi koleganya itu untuk meminta maaf.

“Effendi tidak ada niat yang tidak baik. Saya memastikan Effendi tidak punya niat tidak baik,” kata Utut.

Seperti diketahui, pernyataan yang dilontarkan Effendi Simbolon yang menyinggung TNI seperti gerombolan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPR RI dengan Kemenhan dan TNI di Senayan, Jakarta, Senin (5/9/2022) lalu menuai kecaman dari prajurit TNI.

Saat itu, petinggi TNI dari Panglima TNI hingga seluruh kepala staf angkatan hadir, kecuali KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. Ketidakhadiran Dudung inilah kemudian menyulut Effendi Simbolon melontarkan kritiknya terhadap TNI.

Effendi mengaku ingin mendapat penjelasan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. Menurutnya ada ketidakharmonisan antara dua jenderal bintang empat itu.

“Kami banyak sekali ini temuan-temuan ini, insubordinasi, disharmoni, ketidakpatuhan, ini TNI kayak gerombolan ini, lebih-lebih ormas jadinya, tidak ada kepatuhan,” kata Effendi kala itu.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.