Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Soal Kedaulatan Maritim, Luhut: Kita Tak Kompromi dengan Siapapun

JAKARTA, koranindonesia.id – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan Indonesia tidak berkompromi soal kedaulatan maritim.

“Mengenai kedaulatan maritim, kita tidak pernah kompromi dengan siapapun,” kata Luhut Pandjaitan dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Senin.

Luhut pun menjelaskan ketegasan yang sama telah disampaikan kepada pihak-pihak yang bersinggungan di Natuna, Kepulauan Riau, yang sempat memanas beberapa waktu lalu karena masuknya kapal ikan asing di perairan tersebut.

“Di Natuna saya memberikan message yang loud and clear kepada tetangga kita. Kita tidak akan pernah kompromi terhadap teritory integrity dari pada Indonesia. Itu jelas. Jadi berteman boleh tapi jangan sampai mengusik kita,” ujar Luhut Pandjaitan.

Ia menambahkan perlu dibedakan hubungan kerja sama ekonomi dengan kedaulatan negara. Oleh karena itu meski punya hubungan ekonomi yang baik, pemerintah Indonesia tidak akan segan jika sudah berkaitan dengan kedaulatan negara.

“Kau boleh investasi di negeriku, tapi kalau soal teritori integritas, kita tidak akan pernah diskusi mengenai itu,” tegas Luhut Pandjaitan.

Sebelumnya Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi memastikan pemerintah tetap menjaga laut, termasuk di Natuna dengan sistem yang lebih canggih. (Ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.