Banner sumsel

Sistem Ganjil Genap Berkembang Keruas Jalan Wilayah Bekasi-Tangerang

JAKARTA,koranindonesia.Id-Badan penelitian dan pengembangan perhubungan mengadakan fokus group discussion (FGD) dengan tema ” Efektivitas Penerapan Kebijakan Ganjil Genap di Wilayah Jabodetabek” yang bertujuan untuk mengatasi kemacetan di wilayah Jabodetabek.

Kepala Badan Litbang Perhubungan Sugihardjo mengatakan pemerintah telah menerapkan kebijakan pembatasan jumlah kendaraan di jalan raya melalui mekanisme ganjil-genap. Diharapkan Sugihardjo program ganjil-genap menjadi solusi jangka pendek untuk mengatasi kemacetan di wilayah Jabodetabek.

“Untuk tahap pertama hanya beberapa ruas jalan Ibukota yang menerapkan kebijakan ini, namun kami sudah sudah memperluas kebijakan ganjil-genap ini,” ungkapnya kepada wartawan, usai menggelar konferensi pers, di Hotel Grand Marcure, di Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Sebelumnya dipaparkan Sugihardjo kebijakan ganjil-genap hanya diberlakukan di Jakarta, namun. Saat ini sudah meluas hingga ke ruas jalan wilayah penyangga seperti Bekasi dan Tangerang.

“Untuk itu Badan Litbang Perhubungan menyelenggarakan FGD ini, agar masyarakat luas mengetahui dan akan mematuhi peraturan,” terangnya.

Diakui Sugihardjo hasil studi Litbang Perhubungan tahun 2015 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek disebutkan suatu wilayah metropolitan skala besar berpendidikan 21 juta jiwa. Padatnya jumlah penduduk di suatu wilayah dapat menimbulkan berbagai permasalahan yang cukup pelik, salahsatunya permasalahan kemacetan.

Menurut Sugihardjo kemacetan di Jabodetabek umumnya disebabkan oleh peningkatan laju pertambahan jalan termasuk jalan tol sebesar 1% per tahun. Hal ini dikatakan Sugihardjo tidak sebanding dengan laju penambahan kendaraan yang mencapai 11% per tahun, sehingga menyebabkan kepadatan volume lalu lintas di jalan raya pada jam-jam puncak.

“Untuk itu kami bekerja sama dengan instansi seperti Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kemenhub, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, salahsatunya melalui penerapan kebijakan pembatasan jumlah kendaraan di jalan raya melalui mekanisme ganjil-genap,” tandasnya. (erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.