Muba ramadhan
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Sidang Habib Rizieq, Majelis Hakim Tunda Pembacaan Tanggapan JPU

JAKARTA, koranindonesia.id – Terdakwa Habib Muhammad Rizieq Shihab (MRS) telah membacakan pembelaan atau eksepsi atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam perkara kerumunan massa di Petamburan, Jakarta Pusat dan Megamendung, Bogor.

Sidang kali ini, terdakwa Habib Rizieq dihadirkan secara langsung atau tatap muka di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim).

Keputusan ini ditetapkan setelah melalui perdebatan panjang. Habib Rizieq Shihab juga berkali-kali memohon kepada majelis hakim agar bisa mengikuti sidang secara offline.

“Saya minta sekali dengan sangat, saya hanya akan membacakan eksepsi saya di ruang sidang. Karena itu saya mohon dengan majelis hakim yang mulia mengabulkan permohonan kami agar bisa menetapkan sidang offline dalam sidang yang akan datang sekaligus membacakan eksepsi saya,” ucap Habib Rizieq sesaat sebelum permintaannya ini dikabulkan oleh majelis hakim di PN Jakarta Timur, Selasa (23/3/2021).

Setelah terdakwa Rizieq Shihab dan penasehat hukum membacakan eksepsi. Kemudian majelis hakim menutup sidang Habib Rizieq dan akan dilanjutkan pada Selasa (30/3/2021).

Agenda sidang lanjutan, yakni tanggapan jaksa penuntut umum (JPU) atas eksepsi terdakwa Rizieq dan penasihat hukum.

“Jaksa Penuntut Umum akan menanggapi keberatan yang nanti disampaikan,” kata Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa di ruang sidang PN Jakarta Timur, Jumat (26/3/2021).

Hakim memerintahkan kepada terdakwa untuk kembali ke tahanan. Hakim kemudian menyatakan sidang ditutup.

“Sidang ditunda, dan dilanjutkan Selasa 30 Maret 2021 untuk agenda tanggapan jaksa penuntut umum atas keberatan yang dibacakan terdakwa maupun penasihat hukum,” ujarnya.

“Terdakwa kembali ke tahanan, sidang ditutup,” sambungnya.

Sebelumnya diketahui, majelis hakim mengabulkan permohonan Habib Rizieq Shihab beserta tim penasihat hukumnya agar terdakwa dihadirkan di ruang sidang.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.