SHU Puskop Kartika Sriwijaya Meningkat Sebesar 304 Persen

PALEMBANG,koranindonesia.id– Pusat Koperasi (puskop) Kartika Sriwijaya  berdasarkan laporan neraca 2016 terdapat peningkatan SHU sebesar 304 persen. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Inkop Kartika Mayjen TNI Felix Hutabarat, S.I.P., M.B.A., M. Si (Han) dalam acara Rapat Anggota Tahunan (RAT)di Gedung Puskop Kartika Sriwijaya Jalan Demang Lebar Daun, Jumat (23/3/2018).

“Atas keberhasilan dalam mengelola dan membina Puskop Kartika Sriwijaya dan jajarannya tersebut, saya atas nama Pengurus Inkop Kartika menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya semoga keberhasilan yang sudah dicapai dapat ditingkatkan pada tahun mendatang”, ungkapnya

Lebih jauh,  Felix Hutabarat menjelaskan, pada Undang-Undang RI NO. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian bahwa, ketentuan mengenai Perangkat Organisasi Koperasi diatur dalam Pasal 21 terdiri atas Rapat Anggota, Pengurus dan Pengawas. “Terkait hal itu, sebagai Organisasi Koperasi dalam kategori sehat setiap Puskop Kartika wajib melaksanakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan”, ujarnya.

Selain itu, Mayjen Felix Hutabarat juga berpesan agar Koperasi Kartika dituntut mampu memanfaatkan dan mengkembangkan setiap peluang usaha dengan dilandasi prinsip kebersamaan, kekeluargaan, kemandirian dan sebagai wadah perjuangan demokrasi ekonomi yg mengutamakan kemakmuran anggota bukan kemakmuran orang seorang.

Sementara, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., dalam sambutannya mengatakan, Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam Koperasi, karena dalam rapat tersebut diagendakan sejumlah kegiatan penting, diantaranya laporan pertanggungjawaban kinerja pengurus selama satu tahun berjalan dan evaluasi serta merumuskan dan menetapkan Program Kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

“Hal ini penting dilaksanakan, karena dari hasil laporan pertanggungjawaban dan evaluasi tersebut, akan diketahui oleh seluruh anggota terkait kemajuan dan keberhasilan yang dicapai  ataupun  kekurangan dan kendala yang dihadapi  untuk dilakukan penyempurnaan demi kemajuan Koperasi di masa yang akan datang”, katanya

Lebih jauh, Pangdam  mengingatkan bahwa tujuan Koperasi bukan hanya mengejar keuntungan semata, yang paling utama adalah meningkatkan kesejahteraan anggota Puskop, yaitu Prajurit dan PNS beserta keluarganya. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat dalam Rapat Anggota Tahunan kali ini, yaitu “Dengan Semangat Wira Usaha dan Kemitraan, Kita Tingkatkan Peran Koperasi Kartika Guna Mendukung Pelayanan Yang Maksimal Kepada Prajurit, PNS dan Keluarga”.

“Jadi makna yang tersirat dari tema tersebut hendaknya dapat dijadikan landasan, spirit dan diaktualisasikan melalui  kegiatan dan usaha nyata bagi kemajuan Koperasi”, ujarnya.

Kepada Badan Pengawas, Jenderal Bintang Dua ini  berpesan agar menjalankan peran dan fungsi yang diembannya dengan baik, sehingga Puskop Kartika Sriwijaya dapat berkembang dengan baik, tumbuh  menjadi  Koperasi kuat, sehat, mandiri dan tangguh dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin dinamis dan penuh tantangan di era globalisasi dan informasi saat ini.

RAT tahun 2017 diikuti  80 peserta terdiri dari para Ketua dan pengurus pengurus Primkop Kartika Sejahtera yang berada di satuan jajaran Kodam II/Swj., Ketua Puskop Kartika Sriwijaya, Kolonel Inf Norman Saito serta Badan Pengawas Puskop Kartika Sriwijaya dan para pejabat Kodam II/Swj. (wiwin/rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.