Banner sumsel

Setya Novanto Kembalikan Uang Senilai 5 Miliar

JAKARTA, koranindonesia.id– Terdakwa Kasus Korupsi e-KTP Setya Novanto mengaku telah mengembalikan uang senilai Rp 5 miliar yang diduga aliran dana proyek e-KTP kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Novanto, pengembalian uang tersebut dilakukan sebagai bentuk pertangungjawaban terkait keterangan Andi Agustinus atau Andi Narogong yang disampaikan pada tahun 2011 lalu.

“Saya lakukan itu sebagai pertanggungjawaban saya mengingat pada akhir 2011 Andi Narogong telah menyampaikan beberapa realisasi yang disampaikan pertama memberikan uang ke beberapa orang dewan,” kata Novanto dalam persidangan proyek e-KTP di Pengadilan Tipikor, Kamis (22/03/2018).

Pengembalian uang itu, kata mantan Ketua DPR itu,melalui istrinya, Deisti Astriani Tagor.

“Melalui persidangan ini atas kesadaran sendiri melalui istri saya, saya telah melakukan pengembalian uang sebesar 5 miliar rupiah ke rekening KPK,” katanya.

Dalam sidang kasus korupsi ini Novanto juga meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. Novanto tampak saat terisak ketika meminta maaf di hadapan majelis hakim.

“Kepada Yang Mulia majelis hakim, kepada seluruh pengunjung sidang, kepada seluruh masyarakat Indonesia, yang mana dalam proses persidangan ini ada tingkah laku dan perbuatan saya telah mengganggu proses persidangan ini baik langsung maupun tidak langsung mohon dimaafkan,”ujarnya.

Setya Novanto didakwa secara bersama-sama melakukan perbuatan tindak pidana korupsi yang mengakibatkan ‎kerugian negara sekira Rp2,3 triliun dalam proyek pengadaan e-KTP, tahun anggaran 2011-2013. (ard/net)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.