Banner sumsel

Setiap Malam Sering Mengalami Mimpi Buruk, Ini Cara Mengatasinya

PALEMBANG, koranindonesia.id – Mimpi buruk adalah dimana seseorang mengalami sebuah mimpi yang tidak disenangi oleh orang tersebut dan bisa datang kapan saja di setiap malam. Mimpi buruk dapat memengaruhi kualitas tidur anda. Tetapi anda harus ketahui bahwa mimpi buruk itu bisa dihindari, biasanya mimpi buruk terjadi ketika anda mengalami kejadian yang bisa membuat anda trauma. Berikut ini yang dapat anda lakukan untuk mencegah mimpi buruk yang dilansir dari laman Prevention.com:
Tenangkan pikiran di malam hari
Lakukan sesuatu yang membuat pikiran santai dan tenang sebelum tidur, misalnya membaca buku, mandi atau mendengarkan musik instrumental. Hindari perdebatan dan hal-hal yang membuat suasana hati menjadi buruk. Meskipun terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan di siang hari, cobalah untuk menenangkan pikiran pada malam hari. Menghilangkan pikiran buruk bisa dilakukan lewat meditasi, ritual ibadah atau berdoa.

Hindari hal yang tidak menyenangkan sebelum tidur
Ada baiknya menghindari tontonan-tontonan yang negatif seperti berita kriminal atau film horor. Jika menggemari suatu cabang olahraga seperti sepak bola dan tim kesayangan baru saja kalah, jangan menonton tayangan highlights karena akan mengingatkan hal yang tidak menyenangkan.

Membuat situasi nyaman
Tepat sebelum tidur, pikirkan hal-hal yang membahagiakan yang pernah terjadi. Bayangkan diri sendiri berada di tempat yang menyenangkan. Ada baiknya bercengkrama dengan pasangan atau orang terdekat sebelum tidur. Sekedar bercanda, bermesraan atau meringankan beban pikiran. Tapi ingat, jangan bercengkrama sampai larut malam. Buat suasana tidur menjadi nyaman, misalnya merapikan tempat tidur atau meredupkan lampu kamar. Bisa juga dengan menambahkan aromaterapi agar membuat suasana lebih rileks.

Perhatikan asupan makanan dan minuman
Makanan yang tak sehat seperti soda, es krim, burger dan makanan lain yang penuh lemak, garam, gula ataupun kafein tidak baik dikonsumsi larut malam atau ketika merasa lapar. Kelaparan lebih dipicu oleh kurangnya nutrisi dari makanan. Memakan makanan yang rendah nutrisi hanya memperbesar keinginan makan, tapi tidak akan mengenyangkan. Ganti makanan ringan dengan susu atau yogurt. Keduanya mengandung kalsium dan triptofan yang memiliki efek relaksasi. Tahan diri untuk tidak makan 1 jam sebelum tidur untuk memberikan waktu bagi tubuh agar dapat mencerna makanan secara efisien dan efektif. Selama tidur, hampir segala proses di dalam tubuh melambat, jadi jangan memberikan tugas berat yang akan mengganggu proses tidur.

Dinginkan badan
Sebuah penelitian menemukan bahwa panas akan mengganggu tidur dan kemampuan untuk bermimpi. Jangan memakai selimut berlapis dan gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Cobalah tidur dengan pakaian yang sederhana dan nyaman. Turunkan suhu kamar jika sudah memakai selimut. Bisa juga menyalakan kipas atau membuka jendela. Selamat mencoba (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.