Banner sumsel

Seskab : Dana Kelurahan Itu Permintaan Para Wali Kota

BOGOR, koranindonesia.id – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyatakan, Dana Kelurahan yang direncanakan akan diberikan pemerintah mulai tahun depan sebenarnya merupakan permintaan walikota-walikota saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

“Begitu ada Dana Desa, lurah-lurah di kota itu ada kesenjangan karena desa kan sekarang sudah bisa menerima hampir Rp1 milar ya, kalau desa di Jawa itu mungkin Rp1 miliar, sehingga dengan demikian memang harus ada keadilan,” kata Seskab kepada wartawan usai mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (22/10/2018) siang.

Pramono Anung menambahkan, jika memang keputusannya (Dana Kelurahan) perlu ada, menurutnya, pemerintah sanggup, dan saat ini mekanismenya sedang diatur.

Soal besarannya apakah akan sama dengan Dana Desa, Pramono Anung mengatakan, tentunya ada hitungan dengan rasio yang berbeda, karena untuk desa dan kota pasti cara menghitungnya juga berbeda.

Soal keputusan pemberian Dana Kelurahan yang berdekatan dengan waktu pelakanaan Pemilihan Presiden (Pilpres), Seskab meyakinkan, bahwa itu semata-mata demi kepentingan rakyat. Sebab ditambahkannya, jika membagi keuangan negara untuk pengusaha kaya, itu tentunya yang dilarang.

“Kalau bagi-bagi untuk rakyat, masa tidak boleh,” ujarnya, dilansir setkab.go.id, Senin (22/10/2018).

Mengenai payung hukum pemberian Dana Kelurahan, menurut Seskab Pramono Anung, inilah yang sedang dipelajari dan tengah dikaji pemerintah saat ini.

“Kalau memang ada payung hukumnya kita jalankan, kalau tidak ada payung hukumnya ya tidak kita jalankan. Kita buat dulu, kan begitu,” ucap Seskab.

Adapun mengenai anggaran sebesar Rp3 triliun yang sudah dialokasikan, Seskab menjelaskan, bahwa anggaran itu memang ada tapi memang belum digunakan. Dana tersebut, jelas Seskab,  memang untuk cadangan saja. Kalau memang kemudian dimanfaatkan oleh pemerintah untuk dana kelurahan, dana tersebut bisa saja dikeluarkan.

(ded/rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.