Banner Pemprov Standar

Semester Pertama Investasi di Palembang Cendrung Stagnan

PALEMBANG, Koranindonesia.id –– Semester pertama 2019 memang masih berlangsung, namun sepanjang tahun ini geliat di sektor investasi dinilai berjalan stagnan. Meski tak ada penurunan, tapi tidak juga bisa dikatakan meningkat.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palembamg, Ahmad Mustain mengatakan, kondisi ini dikarenakan semester awal investor lebih banyak menahan diri untuk melakukan investasi.
“Pertumbuhannya kita lihat sejauh ini stagnan saja, dalam artian masih sama saja seperti tahun lalu. Kemungkinan ini di pengaruhi proses pemilu yang masih belum selesai, sehingga investor banyak yang memilih menahan diri,” katanya.
Menurut Mustain, secara iklim, investasi di Kota Palembang tidak begitu terpengaruh dengan kondisi politik, hanya saja dari investornya yang menahan, karena ingin melihat gejolak.
“Kita aman, tak ada masalah dengan situasi perpolitikan sehingga mempengaruhi ke sector usaha. Kita melihat investasi akan banyak di pacu di semester kedua, setelah proses pemilu berakhir, karena sifat wait n see pengusaha akan kondisi hasil pemilu sudah terjawab,” katanya.
Mengenai sektor invetasi yang paling banyak diminati, sector jasa dan perdagangan masih mendominasi, mengingat kota Palembang sebagai kota metropolitan. “Kalau yang dalam skala cukup besar, ada invetasi di sector jasa, yakni rumah sakit MMC yang akan dibangun di Soekarno Hatta. Kita melihat juga tahun ini pembangunan atau investasi yang masuk lebih ke jasa,” tambahnya.
Sementara itu, berdasarkan catatan di sepanjang 2018 investasi yang masuk tergolong menggembirakan dengan nilai investasi yang berasal dari PMA Sebesar 20.151,2 US dolar dan PMDN sebesar Rp18.336.555.000.000.
“Dilihat dari angka ini, tingkat investasi kita tumbuh jika dibandingkan tahun sebelumnya,” jelasnya.
Karena itu, dengan  hasil investasi di tahun lalu, maka pihaknya optimis tahun ini juga akan tetap tumbuh. “kalau perhitungan kenaikan sekitar 2,5 persen per tahunnya dan kami optimis itu dapat tercapai,” ujarnya. (Iya).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.