Banner sumsel

Seluruh Paslon Wajib Serahkan Rekening Kampanye

LUBUKLINGGAU,koransumatera.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau menetapkan tahapan Pilkada tahun 2018 sesuai dengan instruksi dari KPU RI. Termasuk prihal tahapan kampanye yang akan di handle oleh KPU.

Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri melalui Divisi hukum, Lukman Hakim mengatakan seluruh pasangan calon (Paslon) harus menyerahkan rekening kampanye,  karena hukumnya wajib. Penyerahan rekening tersebut guna memantau anggaran kampanye baik itu dana masuk dan keluar dari setiap paslon pada saat kampanye.

“Tanggal 12 Februari penetapan paslon, tanggal 13 pengundian nomor urut, dan pada tanggal 14 seluruh paslon harus wajib menyerahkan rekening kampanye ke KPU Kota Lubukkinggau, hal ini untuk memantau seluruh alokasi kegiatan kampanye paslon,”katanya, Rabu (7/2/2018).

Sementara Divisi Hukum, Lukman Hakim menjelaskan, sesuai peratutan KPU No 5 tahun 2017 terkait dana kampanye ataupun dana sumbangan kampanye itu diatur KPU No 5. Dana kampanye bersumber dari paslon atau dari sponsor yang tidak mengikat. Semuanya akan dilaporkan dalam buku rekening paslon. Dimana pada akhir kampanye nanti rekening tersebut akan di audit dan di sesuaikan oleh tim akuntan publik pada 25 Juni mendatang untuk meneliti dari mana sumber dana, serta arahan pengelolaan dana kampanye tersebut.

“Sanksi terberat paslon bisa di diskualifikasi bila terbukti menyerahkan dana kampanye fiktif dan ada dana sumbangan, serta tambahan dana kampanye yang tidak dilapor ke KPU,” tegasnya.

Lukman mengatakan, pada 15 Februari baru akan diketahui berapa dana awal kampanye dari setiap paslon, kemudian pihak KPU akan mengumumkan berapa saldo awal kampanye dari masing-masing paslon pada 15 Februari mendatang.

“Untuk batasan dana kampanye sejauh ini kita belum membatasinya, karena belum ada petunjuk terbaru dari KPU RI, yang pasti maksimal batas sumbangan dana kampanye hanya sebesar 750 juta,” bebernya.

Dia berharap kepada seluruh paslon, agar taat pada tahapan yang sudah ada, jangan sampai melakukan hal yang diluar ketentuan dan tahapan yang telah di agendakan KPU. Hal ini demi terwujudnya Pilkada yang sukses di Lubuklinggau,”pungkasnya.

Reporter: Shandi April

Editor: elan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.