Banner sumsel

Selesai November, Musi IV Diresmikan Presiden Jokowi

PALEMBANG, koranindonesia.Id – Progres pembangunan Jembatan Musi IV yang sudah di atas 90 persen diyakini BBPJN Wilayah V akan selesai akhir November mendatang. Jika tidak halangan, peresmiannya akan dilakukan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Metropilitan BBPJN Wilayah V, Yudian Budi Krisna mengatakan, jembatan yang menghubungkan wilayah Kuto dengan Plaju ditargetkan Pekerjaannya selesai akhir November. Sebab, saat ini Musi IV sudah di angka 95 persen.

“Akhir November selesai, kemudian uji kelayakan setelah selesai 100 persen dan akan diresmikan Presiden RI, Jokowi,” ujarnya.

Yudian mengatakan, meskipun pengerjaannya sudah selesai tidak langsung dibuka untuk umum, melainkan harus dilakukan uji kelayakan jembatan dahulu.

“Uji layak fungsi akan dilakukan oleh Direktorat Jembatan. Setelah uji layak fungsi baru akan dibuka untuk umum. Paling tidak uji layak fungsi dilakukan selama seminggu,” katanya.

Yudian menerangkan, uji layak fungsi ini berkitan dengan fungsi jembatan apakah sudah sesuai dengan rencana. Selain itu juga akan ada pemeriksaan rambu, marka jalan, dan rekayasa lalu lintasnya juga akan diperiksa. “Akan banyak pemeriksaan pada jembatan ini. Setelah semuanya selesai baru akan dibuka untuk umum,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang tahap finishing. Pada 20 Oktober mendatang seluruh badan jalan jembatan akan tersambung. Dipastikan akhir November semua sudah harus selesai, karena sesuai dengan perjanjian, serah terima jatuh pada akhir November.

“Untuk saat ini kami sedang menyelesaikan akses Jalan Slamet Riadi dan Akhmad Yani. Karena penyelesaian lahannya belum beres, jadi kases dari jembatan dari Jalan KH Azhari menuju Jalan Ahmad Yani, Plaju ditunda,” jelasnya.

Kehadiran jembatan yang berada di atas Sungai Musi itu sudah ditunggu masyarakat Palembang, Sumatera Selatan. karena akan mengurangi beban lalu lintas Jembatan Ampera dan mendukung kelancaran mobilitas keluar masuk Metropolitan Palembang.

“Karena belum ada akses jalan yang tembus ke jalan nasional (Jalan Ahmad Yani), nantinya pihaknya akan koordinasi untuk di berlakukan rekayasa lalu lintas,” katanya.

Jembatan Musi IV merupakan jembatan tipe Cable Stay Extradosed dan PC U-Girder yang dibangun dengan biaya sebesar Rp 553 miliar. Memiliki total panjang 1.130 meter dengan panjang bentang utama 312,8 meter dan dilengkapi dengan jembatan penghubung dan jalan pendekat pada kedua sisi. Lebar jembatan 12 meter yang digunakan untuk bahu jalan dan dua lajur kendaraan. (Iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.