Banner Muba 23 – 31 Juli 2021
banner Pemprov Juni

Selepas City, Pep Guardiola Ingin Melatih Timnas di Kawasan Ini

JAKARTA, koranindonesia.id – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menyatakan bahwa ia bakal hengkang dari klub yang ditanganinya saat ini selepas kontraknya selesai pada 2023. Guardiola berencana untuk mengambil jeda dan setelah itu melihat kemungkinan untuk melatih tim nasional.

“Saya kira saya harus berhenti (setelah kontrak di City selesai). Saya harus istirahat, (sambil) melihat apa yang sudah kami lakukan,” ucap Guardiola sebagaimana dipetik dari BBC. “Langkah selanjutnya bakal tim nasional, jika ada kemungkinan.”

Jika ini benar terjadi, maka Guardiola akan mencatat tujuh musim masa kepelatihannya di City. Masa terpanjang dalam karier kepelatihannya sejak membesut Barcelona B pada 2007.

Ini bukan kali pertama Guardiola mengambil jeda dari hiruk-pikuk dunia kepelatihan. Selepas meninggalkan Barcelona pada 2012, Guardiola sempat menyepi dengan tinggal di New York, Amerika Serikat, sebelum meneken kontrak dengan Bayern Muenchen pada 2013.

Soal tim nasional yang bakal dilatihnya, Guardiola mengisyaratkan memilih Amerika Selatan. Impiannya saat ini adalah merasakan bermain di turnamen seperti Piala Amerika (Copa America).

“Saya ingin melatih di (salah satu tim nasional) Amerika Selatan, (atau) Eropa, bermain di Piala America, saya ingin merasakan pengalaman itu,” kata Guardiola.

Sejatinya, Guardiola bakal lebih suka melatih tim nasional kampung halamannya sendiri, Katalunya. Namun, sampai saat ini perjuangan politik masyakarat Katalunya untuk melepaskan diri dari Spanyol belum berhasil.

Beberapa tahun lalu, tepatnya ketika Guardiola memutuskan hengkang dari Barcelona pada 2012, Tim Nasional Brasil sempat diisukan bakal mengontrak sang pelatih. Terutama setelah Brasil kandas di perempat final Piala Dunia 2010 di mana ketika itu tim tersebut disebut memiliki generasi terbaik.

Di City sendiri, pelatih berusia 50 tahun sudah menyumbangkan tiga gelar Liga Primer dan mencetak sejarah dengan membawa klub tersebut ke final Liga Champions untuk kali pertama pada musim lalu. Sayangnya, sejarah itu tidak disempurnakan dengan gelar juara karena City kalah oleh Chelsea di final.

Saat ini, Guardiola diperkirakan sedang mencari penyerang untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan oleh Sergio Aguero. Mantan Pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen tersebut harus mencari target baru setelah buruan utamanya, Harry Kane, memutuskan untuk bertahan bersama Tottenham Hotspur.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.