Banner Pemprov Agustus

Seleksi Jabatan Pimpinan Baznas Muba Gelombang II Dibuka

 

SEKAYU,koranindonesia.id – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Bagian Kesra Setda Muba mengundang Tokoh Agama Islam, Ulama dan Tenaga Profesional terbaik di Muba, untuk mengikuti seleksi Calon Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Muba Periode 2022 – 2027 secara terbuka. Pendaftaran gelombang Kedua ini dilakukan pada 21 Juli – 23 September 2022.

Kepala Bagian Kesra Muba, H Opi Pahlopi mengatakan, mereka yang mengikuti seleksi harus memenuhi beberapa persyaratan. Antara lain, Warga Negara Indonesia (WNI), beragama Islam, bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, berusia minimal 40 tahun (pada saat mendaftar), sehat jasmani dan rohani.

Selain itu, tidak menjadi anggota partai politik, tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis, tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana penjara paling singkat lima tahun, memiliki kompetensi di bidang pengelolaan zakat, bersedia untuk bekerja penuh waktu, serta tidak merangkap jabatan sebagai pengurus dan atau pegawai pengelola zakat lain.

“Itu persyaratan umumnya. Untuk persyaratan khusus, calon Pimpinan Baznas diutamakan yang memiliki pengetahuan dan berpengalaman dalam mengorganisasi dan mengelola zakat, infak, dan sodaqoh. Untuk itu, mereka juga diminta membuat gagasan orisinal mengenai Strategi Pengelolaan Zakat di Jawa Tengah,” bebernya, Senin (25/7/2022).

Ditambahkan, berkas dikirimkan dalam bentuk fisik dan file, selambatnya 23 September 2022. Untuk berkas fisik, dikirimkan ke Panitia Seleksi Calon Pimpinan Baznas Kabupaten Muba, Bagian Kesra Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Muba.

“Syarat selengkapnya dan berkas unduhan bisa dilihat di website https://Pemkab Musi Banyuasin.go.id atau https:// situs baznaskabmusibanyuasin.id/ . Keseluruhan tahapan seleksi tidak dipungut biaya. Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat. Jika ada pertanyaan, silakan kontak Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda  Kabupaten Muba kontak person Edy Mahyudin No. HP. 081373980300 dan Azhari, No. HP. 082182031131 (pada hari dan jam kerja),” bebernya.

Diterangkan Opi, tahapan seleksi dimulai dari pengumuman dan pendaftaran pada 21 Juli -23 September 2022, seleksi kompetensi (tertulis dan wawancara) 26 – 30 September 2022, dan terakhir penyampaian hasil panitia seleksi kepada Bupati Musi Banyuasin 3 Oktober 2022.

Sementara itu Pj Bupati Muba H Apriyadi melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba, H Yudi Herzandi SH MH menyampaikan, kepada warga Muba dipersilahkan untuk mengikuti seleksi calon pimpinan BAZNAS Muba periode 2022-2027. Dikatakannya, Baznas selama ini telah menghimpun dan mengelola zakat dari semua elemen masyarakat maupun birokrasi di lingkungan OPD, BUMD dan institusi lainnya. Kemudian mendistribusikannya kepada yang berhak menerima atau mustahiq, sesuai dengan ketentuan syariat islam.

“ Terkait perkembangan Baznas Alhamdulillah, saya lihat sudah mengalami perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun, dan saya harapkan tahun mendatang akan semakin lebih baik lagi, dengan pimpinan dan pengurus yang baru,“ harapnya.

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.