Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Sekda Nasrun Umar sebagai Pembicara Webinar Korpri

Sumsel, Koranindonesia. Id- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel dan juga Ketua Forsesdasi H. Nasrun Umar menghadiri Webinar Korpri “Peran Korpri dalam mewujudkan ASN yang Profesional, Modern dan Produktif dalam masa adaptasi kehidupan baru bertempat di Command Center Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (27/8).

Webinar Korpri di buka langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi RI, Tjahyo Kumolo. Selain Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar sebagai narasumber ada juga Ketua KASN Prof Agus Pramusinto, Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori, Sekda Kota Balikpapan Sayid M.N Fadly dan Akademisi Prof Eko Prasojo.

Dalam Webinar Korpri ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi RI, Tjahyo Kumolo memaparkan beberapa point yang harus diperhatikan diantaranya peran Korpri dalam optimalisasi peran dan fungsi korpri dalam reformasi birokrasi dan penataan sistem manajemen SDM ASN.

Termasuk juga di masa pandemi Covid-19 menurutnya peran ASN sangat penting dalam ikut menggerakan untuk melakukan pola baru yaitu menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Bagaimana kita tetap melawan pandemi covid-19 tetap pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan lainnya. kita tetap kerja dan kerja dalam melayani masyarakat baik Pemerintah Pusat dan daerah hal ini juga guna meningkatkan pertumbuhan daerah,”katanya.

Selain itu, dia juga menyebutkan tantangan bangsa kedepan masih sama seperti radikalisme dan terorisme, narkoba, korupsi serta bencana alam. “Maka itu peran ASN ini kita harus melawan itu semua. Kalau kita punya semangat punya rasa persatuan dan kesatuan dan semangat gotong royong, saya yakin tantangan bangsa ini kita selesaikan dengan baik,”tutupnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPN Korpri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan posisi ASN harus tetap menunjukan ke profesionalnya apalagi saat ini sedang menghadapi 2 hal yang besar yaitu pandemi Covid-19 dan Pilkada.

“ASN harus profesional karena kita menghadapi 2 hal besar diantaranya kita harus produktif di era pandemi covid-19. Kemudian di situasi dalam menghadapi pilkada. Ini yang harus kita jaga sebagai ASN agar kita tetap selalu produktif, netral dan profesional,”tutupnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sumsel dan juga selaku Ketua Umum Forsesdasi, H. Nasrun Umar dalam hal ini memaparkan terkait harapan dan aspirasi daerah terhadap peran dan fungsi Korpri untuk mewujudkan ASN yang Profesional, Modern dan Produktif dalam masa adaptasi kehidupan baru.

Menurut Nasrun ada dua tantangan menuju adaptasi kehidupan baru (AKB) diantaranya pemulihan ekonomi baik itu di sektor pertambangan, perindustrian, perdagangan, investasi, pertanian, tranpotasi dan lainnya.

Kemudian pemanfaatan teknologi informasi yaitu percepatan peningkatan pelayanan publik dan administrasi pemerintahan dengan pemanfaatan teknologi informasi.

“Kita tidak tahu kapan Covid-19 akan berakhir, namun Pemerintahan dan Perekonomian harus tetap berjalan di era digitalisasi ini kita harus mengembangkan teknologi dalam setiap layanan, dengan memanfaatkan teknologi ini diharapkan Akuntabilitas Kinerja daan Transparansi lebih efektif dan efisien menuju persaingan global,”katanya.

Selain itu, Nasrun juga mengaku diperlukannya komitmen yang kuat dari level tingkat pusat hingga daerah dalam mempersiapkan ASN menuju Wold Class Bureaucracy.

“Untuk itu diperlukan pertemuan nasional Korpri membahas percepatan perubahan dalam penyelenggaraan pemerintahan menuju adaptasi kehidupan baru di masa pandemi Covid-19 dengan melibatkan pakar ekonomi, pakar kebijakan publik, pakar sosiologi, pakar kesehatan masyarakat dan pakar teknologi,”lanjutnya.

“Yang paling penting kita tetap produktif meski dimasa pendemi Covid-19. Kami harap selalu dapat bimbingan dari pemerintah pusat sehingga tetap terus berjalan baik dan lancar,”pungkasnya.(ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.