Bhintan Shalawat

Sekda Nasrun Umar : ASN Harus Punya Kompetensi

PALEMBANG,koranindonesia.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar membuka Rapat Teknis Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Provinsi Sumsel Tahun 2019 di Aula Putri Kembang Dadar BPSDM, Palembang, Selasa (2/4/2019).

Dalam kesempatan itu Nasrun Umar mengatakan aparatur pemerintah memiliki posisi dan kedudukan yang strategis dalam mengemban tugas-tugas umum pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat, di tengah-tengah kompleksnya kepentingan masyarakat. Maka dari itu aparatur pemerintahan saat ini dituntut untuk lebih optimal dalam memberikan pelayanan masyarakat.

Dia menilai, peningkatan kualitas pelayanan publik hanya dapat tercapai melalui pengembangan kapasitas dan kompetensi aparatur negara, karena ASN adalah ujung tombak dari birokrasi. Oleh karena itu, katanya pengembangan kompetensi aparatur sipil negara telah menjadi agenda yang penting dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggara pemerintahan, pelayanan dan pembangunan.

Lebih lanjut Nasrun mengatakan, tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia Aparatur bukan suatu hal yang sulit tetapi bukan pula hal yang mudah. Hal ini, katanya tuntutan meningkatkan pelayanan yang cepat, mudah dan transparan menuntut PNS sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat meningkatkan kemampuannya.

“Seorang PNS diwajibkan memiliki kompetensi diantaranya kompetensi manajerial, kompetensi teknis, kompetensi sosio kultur, dan kompetensi pemerintahan,”ungkapnya.

Untuk itu, dia mengharapkan ke depan BPSDMD Sumsel harus mempunyai data tentang kesenjangan kompetensi PNS, sehingga adanya data peta kesenjangan kompetensi tersebut akan memudahkan dalam mengambil langkah dan merumuskan kebijakan program yang baik untuk menjawab tantangan tersebut.

Dia berharap kepada peserta rapat teknis kiranya dapat mengikuti secara serius sehingga akan menghasilkan sebuah komitmen dan kesamaan pemahaman menuju terwujudnya program kediklatan yang berkualitas. “Saya harapkan BPSDMD harus dapat ciptakan inovasi sehingga para ASN yang keluar dari sini dapat mengisi jabatan sesuai kebutuhan,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPSDMD Sumsel Syahrawi Hanan mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk harmonisasi pengembangan sumber daya manusia antara Pemprov Sumsel dengan pemerintah kabupaten/kota se Sumsel. (rel)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.