Sehari Jelang Pilgub Sumsel, Masih ada Warga Belum Dapat Form C6

BATURAJA, koranindonesia.id – Sebagian warga di Kelurahan Sekar Jaya, Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengeluhkan belum menerima formulir C6 atau undangan memilih untuk pelaksanaan Pilkada Gubernur – Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatra Selatan (Sumsel) 2018, besok, Rabu (27/6/2018).

“Saya sendiri belum mendapatkan undangan (formulir C6) untuk memilih,” kata Tanzimi, warga Villa Indah Permai Kelurahan Sekar Jaya, hari ini Selasa (26/6/2018).

Kata Tanzimi, bukan hanya dirinya yang belum mendapatkan undangan buat nyoblos besok, bahkan hampir sepertiga warga disana yang terdaftar di DPT, juga belum mendapat form C6 itu.

“Ya, banyak warga yang ribut, gara-gara belum dapat undangan untuk memilih. Padahal masa domisili sudah lebih dari 2 tahun. Kartu Keluarga saya pun sudah beralamat domisili disini,” sebutnya.

Yang aneh lagi beber Tanzimi, ada warga disana yang suaminya dapat undangan memilih, sementara anak dan istrinya justru tidak mendapatkan undangan.

Dia mengakui, bahwa sudah ada solusi dari pihak terkait mengenai persoalan tersebut. Dimana mereka disuruh datang ke TPS dengan membawa KK atau KTP elektronik (e-KTP).

“Tapi yang ditakutkan dan berdasarkan pengalaman, kebanyakan warga jadi ogah untuk datang ke TPS. Dan kondisi ini dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh oknum tertentu yang sengaja ditugaskan di TPS atau selanjutnya. Ini berdasarkan pengalaman pemilihan yang lalu. Dan ini dampaknya bisa sampai untuk pemilihan legislatif (pileg) nanti,” urainya.

Sementara itu terpisah, komisioner KPU OKU Divisi SDM dan Parmas Yudi Risandi mengingatkan, bahwa semua warga negara yang memenuhi syarat diminta tetap mendatangi TPS dan menggunakan hak pilihnya, besok, meski belum mendapatkan surat undangan atau formulir model C6.

“Pemilih tetap bisa menggunakan hak pilihnya, meski tidak dapat mendapatkan surat pemberitahuan. Dengan membawa e-KTP dengan alamat domisili setempat,” katanya.

Formulir C6 sendiri, sebetulnya adalah surat pemberitahuan kepada pemilih sebagai bagian dari upaya sosialisasi yang ditempuh KPU secara personal kepada pemilih untuk hadir di TPS. (tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.