Bhintan Shalawat

Sebelum Nyepi, Umat Hindu Lakukan Upacara Tawur Kesanga

PALEMBANG, koranindonesia.Id- Merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941, ratusan Umat Hindu melakukan upacara Tawur Kesanga di Pura Agung Sriwijaya, Rabu (6/3/2019).

Dengan menggunakan pakaian adat Bali, Umat Hindu berkumpul di depan Pura Agung untuk melakukan Upacara Tawur Kesanga. Tabuhan Bleganjur terus dilakukan meramaikan dalam acara upara tersebut.

Tawur Kesanga yang diikuti oleh umat Hindu di Palembang ini sebagai salah satu prosesi sebelum dilakukannya Catur Brata Penyepian yang akan dilakukan besok, Kamis (7/3/2019) baik di Pura ataupun di rumah masing-masing.

Wakil Bidang Agama Persatuan Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kota Palembang, Ketut Armawan, kegiatan Tawur Kesanga ini sebagai rangkaian Nyepi. “Ini lanjutan setelah kemarin melakukan Melasti. Tawur Kesanga atau sehari sebelum Nyepi ini pembersihan alam dan diri sebelum memasuki Nyepi,” jelasnya.

Setelah dilakukannya Tawur Kesanga, pukul 15.00 hari ini juga Umat Hindu akan melakukan Persembahyangan Tilem dan dilanjutkan pawai Ogoh-ogoh di sekitar Pura Agung.

“Kami berharap pada perayaan Nyepi tahun ini menjadi upaya intropeksi diri agar lebih baik lagi. Sedangkan tema Nyepi secara nasional tahun ini melaui Catur Brata Penyepian kita sukseskan pemilu 2019,” ujarnya.

Salah seorang Umat Hindu yang datang ke Pura Agung untuk Tawur Kesanga, Kemala mengatakan, diharapkan tahun ini diri menjadi lebih baik lagi. “Tetap selalu diberikan kesehatan, rezeki yang baik dan aman damai sentosa,” katanya. (Iya).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.