Muba ramadhan
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Sebelum Mantap Pilih Islam, Marcel Punya Kegemaran Nonton Siaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ)

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Setelah meyakini berbagai agama, baru Islamlah Marcel Siahaan merasakan hidupnya lebih tenang. Penyanyi bersuara merdu ini memang sudah mantap memeluk agama Islam. Sebelumnya, pria kelahiran tahun 1977 ini mengaku mendapatkan banyak pengaruh dari berbagai hal.
Dilahirkan dari keluarga yang menganut berbagai agama, Marcel mengaku, agama bukanlah hal yang dipaksakan. Sang kakeknya seorang muslim, berasal dari Solo berbeda dengan neneknya ayahnya, yang merupakan penganut kristen dari Sumatera Utara.
Marcell kecil mengaku agnostic. Namun begitu, dia sering menonton semua acara mimbar Agama di TVRI. Salah satu tayangan favoritnya adalah Musabaqoh Tilawatil Quran. Hal ini terungkap dalam sesi wawancara Marcell dalam laman Youtube Daniel Mananta, Daniel Tetangga Kamu yang ditayangkan, Rabu (31/3).
Marcel di depan Daniel bercerita tentang masa kecilnya. Ia berada dalam lingkungan keluarga yang memiliki beberapa agama dan penganut agnostik.

Agnostik adalah sebuah paham yang mengakui adanya kekuatan yang lebih besar, namun memilih untuk tidak beragama dan tidak menyembah Tuhan.

Menurutnya, salah satu acara favoritnya sejak kecil adalah menonton acara Mimbar Agama yang tayang di TVRI. Dia menonton semua agama mulai dari Kristen Katolik, Hindu, Buddha, hingga Islam.

“Musabaqoh Tilawatil Quran adalah salah satu favorit saya. Acara mengaji dengan cantik dan indah. Suka banget nonton di TV,” ujar Marcel.
Selain itu, Marcel juga menumbuhkan kesukaannya pada Bhante Pannavaro atau Bhante Panyavaro. Karena kesukaannya dengan ajaran Budhis, ketika masih menikah dengan penulis Dewi Dee Lestari, pasangan ini memutuskan berpindah agama dari Kristen menjadi Buddha pada akhir tahun 2005.

Sebelum benar-benar memutuskan untuk berpindah menjadi Budhis, pasangan ini sudah mengagumi ajaran Buddha. terlihat dari nama anak mereka, Keenan Avalokita Kirana.
“Bhante Panyavaro menahbiskan saya jadi Buddhis, tokoh yang selama ini dikagumi di TV kini berada di depan mata. Menjadi Budhis diajarkan untuk menjadi diri sendiri,” ujar Marcel.
Sayang, pernikahan keduanya tidak berlanjut, Marcel dan Dewi bercerai pada tahun 2008. Dua bulan setelah perceraian, Dewi menikah lagi dengan Reza Gunawan.

Dua bulan setelah pernikahan Dewi dengan Reza, Marcel sendiri juga menikah lagi dengan Rima Melati Adams, seorang model berkebangsaan Singapura, pada tahun 2009.

“Terus kemudian gue bertemu Rima. Rima juga menunjukkan cara dia beribadah dengan cara dia sendiri kan dia muslim. Terus dia juga memberi tahu keeratan keluarga dia, keluarga muslim dia di Singapura, Malaysia, dan gue nyaman sekali,” ungkap Marcel menceritakan kedekatannya kepada Islam yang diinisiasi dengan melihat istrinya saat ini, Rima.

Namun, keinginan untuk memeluk Islam ternyata murni datang dari Marcel, bukan karena Rima. Marcel mencari cara agar dapat menemukan kedamaian, bukan ketakutan.

“Saya mau mencari cara agar intim dengan sang Khalik, bisa khusyuk, karena akhirnya itu yang dituju. Keintiman itu kedamaian itu yang saya ingin dapatkan. Karena saya tahu Dia tidak akan kemana-mana, Dia akan selalu ada,” ujar Marcel.

“Ini pencapaian spiritual untuk diri sendiri, sebagai imam, sebagai ayah,” ujar Marcel yang dalam pernikahannya dengan Rima telah menginjak usia ke-12, kini telah memiliki seorang putra bernama Seth. (Ari)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.