SBSI Desak Pemkab Panggil Manajemen PT MUM Site PT BP

LAHAT, koranindonesia.id – Puluhan buruh PT Manggala Usaha Manunggal MUM) Site PT Banjarsari Pribumi (BP)  yang tergabung dalam Serikat Buruh  Seluruh Indonesia (SBSI) Lahat menggelar aksi damai di  halaman Kantor Pemkab  Lahat, Senin (23/04/2018).

Aksi damai yang dipimpin  Ketua SBSI, Herwinsyah itu meminta pemerintah daerah dan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Lahat untuk memanggil manajemen PT MUM  untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami karyawannya.

Pihak SBSI mengklaim bahwa PT MUM Site BP telah melanggar kesepakatan perundingan Biparti antara M Andika Yansiar Khomisi Putra, jabatan HCGA PT MUM yang bertindak atas nama PT MUM dengan Aan Andriansyah, jabatan PK SBSI PT MUM,yang mana telah didaftarkan pada 9 Agustus  2017.

Pelanggaran kesepakatan yang dilakukan PT MUM Site PT BP diantaranya pihak pertama tidak akan memutuskan hubungan kerja terhadap pihak kedua dan mengakhiri PKWT.

“Kami minta pemerintah untuk memanggil PT MUM Site PT BP, untuk duduk bersama dan menyelesaikan masalah ini,”kata Herwinsyah.

Perwakilan pendemo ini  disambut Sekda Kabupaten Lahat Ramsi S IP MM didampingi Kapolsekta Lahat AKP Lahardi.

“Kami akan mempasilitasi  pemanggilan terhadap manajemen  PT MUM Site PT BP terkait dengan masalah ini. Semoga saja masalah ini cepat terselesaikan,” kata Ramsi.

Aris Toteles, Perwakilan Dinas Ketenaga Kerjaan menyampaikan bahwa per 1 Januari 2018  kewewenangan pengawasan ketenagakerjaan telah di ambil alih oleh Disnakertrans  Provinsi.

“Jadi dinas ketenaga kerjaan Lahat hanya sebagai pasilisator dan akan berusaha,” kata Aris. (nur)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.