Banner sumsel

Sandiaga Pastikan Pasangan Nomor Urut 02 Komitmen Berantas Korupsi

JAKARTA,koranindonesia.Id- Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin, memastikan, bahwa bersama Prabowo berkomitmen untuk memberantas korupsi dimulai dari akarnya.

Jadi, kata Sandiaga, tidak benar ada anggapan bahwa kubu Prabowo-Sandi dianggap tidak memiliki cara untuk memberantas korupsi. Sandi mengungkapkan, dia bersama Prabowo berkomitmen untuk memberantas korupsi dimulai dari akarnya.

“Akar permasalahannya itu adalah pencegahan. Karena ini semakin marak dan ini ada yang salah di sistem ini. Dan KPK, aktivis antikorupsi, pemerintah, dunia usaha, kepala daerah, politisi, semua itu harus duduk bersama, karena ujaran yang sangat mengagetkan kita ini adalah ujaran dari KPK bahwa kalau mau OTT itu bisa tiap hari. Itu luar biasa menurut saya, berarti enggak ada efek jera,” kata Sandiaga di Jakarta, Jumat (30/112018).

Sandiaga sangat mendukung apabila diberikan hukuman yang terberat bagi pelaku korupsi. Selain itu, dia juga memiliki cara untuk menekan angka korupsi.

Salah satu yang akan dilakukan Prabowo-Sandi adalah menekan biaya politik. Sandi meyakini biaya politik yang tinggi menjadi salah satu penyebab sejumlah kepala daerah melakukan korupsi.

“Paling utama yang saya pikir adalah siklus kepala daerah. Kepala daerah ini biaya politiknya terlalu tinggi, jadi kalau kita misalnya bisa hasilkan satu kebijakan untuk menekan ongkos politik sehingga kepala daerah itu tidak perlu mengeluarkan uang begitu banyak,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Dia memaparkan, selama ini, untuk menjadi kepala daerah, seseorang terbentur dengan biaya yang tinggi. Maka dari itu, banyak yang berutang untuk memenuhi biaya politik tersebut. Untuk mengembalikan utang yang dipinjam, maka seringkali kepala daerah masuk ke dalam praktik korupsi dan menghalalkan segala cara.

“Itu kita harus fokuskan ke arah sana. jangan siklus ini terus berulang. Nah itu real dan empat tahun ini kan kita lihat ternyata bukan yang korupsi makin turun ternyata makin naik,” ujarnya.(Mar)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.