Sabun atau Hand Sanitizer, Lebih Efektif Mana untuk Bunuh Virus Corona?

PALEMBANG, koranindonesia.id —Cuci tangan merupakan salah satu cara mencegah terinfeksi virus corona. Pasalnya, tangan merupakan anggota tubuh yang paling mengandung bakteri, dan sering menyentuh wajah. Dengan begitu, virus corona akan dengan mudah masuk ke tubuh manusia.

Kita bisa menjaga tangan tetap bersih sehingga ketika menyentuh wajah, cairan berisi virus tersebut enggak bisa masuk ke dalam tubuh kita.

Lalu, bagaimana caranya kalian untuk menjaga kebersihan tangan? Ada dua, yakni dengan cuci tangan dengan sabun serta air dan memakai hand sanitizer. Tapi, lebih efektif mana untuk membunuh kuman, berikut koranindonesia.id rangkum kedua alasan dari berbagai sumber yang kami pilih.

Pakai sabun dan air

Mencuci tangan dengan sabun dan air enggak akan menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, residu kuman yang mati juga bakalan lebih mudah menghilang dari tangan kita, karena terbawa air mengalir.

Namun, mencuci tangan dengan sabun dan air enggak bisa dilakukan di mana saja. Kegiatan ini hanya bisa dilakukan ketika ada air mengalir, dan sabun antiseptik.

Pakai hand sanitizer

Kemudahan dan praktis menjadi nilai lebih membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Rasa dingin pada tangan juga bisa membuat tangan merasa lebih segar.

Namun, setelah digunakan 5 kali berturut-turut, kita harus mencuci tangan menggunakan air mengalir sehingga mencegah resistensi antiseptik. Hand sanitizer juga bisa mengakibatkan iritasi kulit.

Selain itu, residu kuman yang sudah mati biasanya masih menempel di tangan, sebelum kita menggunakan air mengalir untuk menghilangkannya.

Nah, oleh karena itu, alangkah baiknya kamu rajin cuci tangan dengan sabun dan air. Gunakan hand sanitizer hanya saat berpergian dan jauh dari air. (Ofi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.