Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Saat Anda Cemas Cobalah Berenang di Air Dingin, Penelitian Buktikan Bisa Hilangkan Depresi

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Ternyata berenang di air dingin bisa menjadi alternative pengobatan yang efektif untuk hilangkan depresi. Dari laporan penelitian yang diterbitkan British Medical Journal Case Reports, seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (2/4), penelitian ini berangkat dari kecemasan seorang perempuan yang mengalami depresi parah.
Perempuan ini pun berenang di air dingin dan ternyata ia merasakan sensasi yang menenangkan dan merasa lebih baik. Studi ini dipimpin dokter televisi Chris Van Tulleken dari University College, London, dan ditulis bersama oleh dua ilmuwan dari University of Portsmouth.
Perempuan yang awalnya cemas ini saat berenang mulai merasakan sensasi yang berbeda, dan merasa nyaman. Depresi dan rasa cemasnya mulai menurun. Studi kasus ini adalah yang pertama meneliti terapi air terbuka, untuk mengobati depresi dan merupakan bagian dari program televisi yang dibuat oleh Dr. Van Tulleken.

Depresi adalah penyebab utama kekacauan di seluruh dunia dan penggunaan antidepresi sedang meningkat, menurut Dr Van Tulleken. Menurut beberapa peneliti, dengan cara berenang di air dingin membantu mengatasi depresi.
Air dingin mengaktifkan respon stres dalam tubuh, renang di air dingin membangkitkan respon stres yang merupakan serangkaian reaksi fisiologis dan hormonal yang membantu mengelola berbagai jenis potensi ancaman.
Saat Anda berenang di air dingin, ada peningkatan tekanan darah, laju pernapasan, dan hormon stres mulai dilepaskan.
Namun, jika Anda berendam dalam air dingin hanya beberapa kali dengan suhu 15 derajat Celcius atau kurang, respons stresnya akan berkurang.
Memaparkan diri Anda pada air dingin bertindak sebagai pengobatan kejut yang memicu beta-endorphin dan noradrenalin di otak. Kejutan air dingin sangat mirip dengan pengobatan sengatan listrik dalam banyak hal.
Sejumlah besar impuls listrik bergerak dari ujung saraf kulit untuk mencapai otak. Mereka mengguncang sistem Anda untuk meningkatkan tingkat energi, kejernihan, dan kewaspadaan.
Reaksi ini dapat memberikan efek menguntungkan pada depresi, karena air dingin dapat mengaktifkan fungsi otak.
Para peneliti menemukan, bahwa mandi air dingin memiliki efek positif dalam menurunkan hormon kortisol yang merupakan hormon stres yang bekerja, ketika ketegangan dan kecemasan mengambil alih.
Air dingin menyebabkan pembuluh darah mengencang yang meningkatkan sirkulasi darah dari permukaan tubuh ke inti untuk menghemat panas.
Saat darah mengalir ke otak dan organ vital dalam tubuh, ada sirkulasi oksigen yang membantu detoksifikasi, membuat Anda merasa rileks dan berenergi.
Jika Anda menderita migrain dan masalah jantung, tanyakan kepada dokter terlebih dahulu sebelum mulai berenang di air dingin.

Pastikan suhu air antara 15 hingga 20 derajat Celcius. Mulailah berenang di air dangkal dan secara bertahap masuk lebih dalam. Tetap selama dua hingga tiga menit sampai Anda merasa hangat dan menimbulkan respons kejut air dingin.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.