Rumah Lumbung Tanjung Batu Laris Manis

INDRALAYA,koransumatera.com- Tak hanya terkenal akan kerajinan dan peralatan dapurnya, ternyata Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir juga terkenal dengan rumah lumbungnya sampai ke beberapa daerah seperti Bali, Bandung dan Jakarta.

Hasrowi, salah satu pengrajin rumah Lumbung mengungkapkan, pangsa pasar rumah lumbung ini cukup menjanjikan. Sebab usaha yang belum genap setahun ini sudah mengeluarkan 20 unit rumah dengan berbagai ukuran dan tipe.

“Saat ini kita sedang mengerjakan tujuh rumah lumbung yang sudah dipesan dari berbagai daerah,” terangnya

Ia menuturkan, untuk membuat rumah berukuran 4×6 meter dengan dua orang pekerja dibutuhkan waktu selama 14 hari atau dua pekan.

”Material kayu untuk membuat tulang rumah ini, kita menggunakan kayu jenis seru dan dindingnya terbuat dari kayu meranti,  meskipun rumah lumbung ini terbuat dari kayu, namun daya tahannya bisa puluhan tahun. Sedangkan pemesan rumah ini dominan dari luar provinsi, seperti Bali, Jakarta dan Bandung. “Kebanyakan digunakan untuk penginapan ataupun resort,” jelasnya.

Lanjutnya, satu unit rumah lumbung harganya berkisar mulai Rp 30 hingga Rp 60 juta tergantung ukuran, bahan kayu, tingkat kerumitan pesanan pelanggan dan jarak tempuh pemesan. Semakin jauh klien yang memesan, semakin mahal biaya transportasi,” tuturnya pada koransumatera.com saat di kunjungi.

Reporter : Sanditya Lubis

Editor : Elan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.