Revitalisasi Sungai Sekanak Butuh Anggaran Rp 75 Miliar

PALEMBANG,koransumatera.com – Kota Palembang kembali memiliki destinasi wisata baru  yakni Sekanak Bersolek. Walikota Palembang Harnojoyo bekerjasama dengan produsen Cat Dulux, Minggu (4/2/2018) meresmikan kawasan wisata baru itu.

Diharapkan Sekanak Bersolek ini bisa menjadi salah satu daya tarik dan primadona bagi wisatawan lokal dan turis asing untuk datang dan mengunjungi Kota Palembang untuk berswafoto di Sekanak yang di cat warna warni ini.

Walikota Palembang Harnojoyo berharap masyarakat bisa menjaga fasilitas ini. “Fasilitas sudah kami sediakan,silahkan manfaatkan, yang paling penting mari jaga sama-sama sekanak bersolek ini,” ujar Harnojoyo.

Harnojoyo mengatakan, Sekanak Bersolek merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Palembang dalam merevitalisasi sungai.

“Ini baru tahap awal, 2018 ini kita telah anggarkan 7,5 milyar untuk revitalisasi sungai Sekanak, sekarang sedang proses lelang, targetnya April atau Mei sudah mulai pengerjaanya, kami pastikan Sungai Sekanak akan lebih cantik lagi,” kata Hanojoyo.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani menjelaskan, pengecatan tepian Sungai Sekanak bersolek memakan waktu lebih kurang satu bulan.

“Melibatkan pekerja dari Dinas PU PR bekerjasama dengan komunitas mural, sebanyak 1.500 liter cat dulux telah digunakan mencangkup total luas area 2.500 meter persegi,” jelas Isnaini.

President direktur PT ICI Paints Indonesia, Jun de Dips mengatakan pihaknya membangun kerjasama dengan Pemerintah kota Palembang atas dasar keseriusan Pemkot Palembang dalam melakukan penataan sungai.

“Dari beberapa kota yang kami jajaki, Palembang yang paling serius mengembangkan potensi wisata sungainya, inilah yang menjadikan kami yakin untuk bekerjasama,” ujarnya.

Masyarakat sekitar sungai sekanakpun menyampaikan kegembiraan mereka atas kehadiran sekanak bersolek ini.

“Sangat senang, dulu disini sepi, sekarang setiap hari ramai, jadi lebih rapi dan indah, banyak orang datang, kami jualan pun semakin banyak mendapat keuntungan,” ujar Yanti (36) warga RT 03 Kelurahan 27 Ilir yang rumahnya tepat berada di tepian Sungai Sekanak.

Hal senada juga dikatakan Erman Junaidi (34) warga RT 01, yang merasa senang dengan sungai sekanak sekarang.

“Jelas kami sangat senang, kami janji akan menjaga bersama lingkungan ini, jangan sampai kotor seperti dulu, terimakasih pak Walikota,” ujar Erman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Palembang Bastari menjelaskan, revitalisasi sungai sekanak bagian dari empat sungai yang akan direvitalisasi.

“Selaian sungai sekanak, ada sungai bendung, sungai buah, dan sungai lambidaro, namun untuk tahap awal kita fokus ke sungai sekanak dan sungai bendung dulu, sungai sekanak sudah dianggarkan oleh APBD senilai 7,5 milyar, kita berharap akan mendapat dana tambahan juga dari Pemerintah pusat maupun pihak CSR, sementara untuk sungai bendung dan sungai buah itu melalui balai,” jelas Bastari.

Bastari menambahkan, revitalisasi sungai ini juga akan memakan lahan di tepian sungai kiri kanan.

“Tujuh meter samping kiri kanan akan kita bebaskan lahannya, Alhamdulillah untuk sungai Sekanak dan sungai Bendung hampir selesai proses pembebasan lahan,” pungkasnya.

Reporter : ria
Editor : elan

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.