Resmikan Bulan K3, Ini Harapan Gubernur Anies Baswedan

JAKARTA, koranindonesia.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Upacara Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang sekaligus membuka rangkaian kegiatan Bulan K3 DKI Jakarta 2020, di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Jumat (17/1).

Dalam kesempatan ini, Gubernur Anies menegaskan, bahwa keselamatan dan kesehatan kerja harus menjadi prioritas utama.

“Pemprov DKI Jakarta melaksanakan Upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang arahannya diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan mengenai pentingnya K3. Saya garis bawahi di sini, bahwa apapun yang dikerjakan dalam proyek apapun, dalam kegiatan apapun, keselamatan dan kesehatan adalah prioritas yang utama,” ujarnya.

Kemudian, Gubernur Anies pun berharap agar pencanangan Bulan K3 ini bukan hanya seremonial, melainkan perlu ditumbuhkan kesadaran pekerja yang diwujudkan dalam langkah-langkah nyata.

“Saya sampaikan kepada semua, ini adalah pencanangan Bulan K3, tapi jangan jadi seremonial saja. Pencanangannya memang upacara, tapi kesadarannya itu harus diwujudkan dalam langkah nyata di tempat kerja, juga di antara rumah dan tempat kerja. Soal keselamatan, kesehatan itu bukan soal kecil, itu soal paling utama. Safety first, nomor satu adalah keselamatan. Ini harus kita tumbuhkan sama-sama, sehingga kesadaran soal keselamatan itu benar-benar hadir,” jelas Gubernur Anies.

Kegiatan Upacara Bulan K3 ini merupakan tindak lanjut Surat Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No. 328 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional tahun 2020. Tepat 50 tahun, sejak UU Keselamatan Kerja Nomor 1 Tahun 1970 dicanangkan, tahun 2020 ini merupakan momen yang tepat untuk mewujudkan masyarakat Jakarta yang mandiri dan berbudaya K3. Bulan K3 Nasional 2020 mengambil tema pokok

”Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi”. Sementara sub tema yang merupakan tema untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta yaitu “Mewujudkan Kemandirian Masyarakat Jakarta Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)” dengan tagline “Nyok Kite Kerja Selamat.” Rangkaian kegiatan Bulan K3 dimulai tanggal 12 Januari s/d 12 Februari 2020 dengan implementasi kegiatan yang akan dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan. (Mar)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.