Banner Muba 23 – 31 Juli 2021
banner Pemprov Juni

Resmi Arjen Robben Umumkan Pensiun

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Winger Belanda Arjen Robben kembali mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola, Kamis (15/7). Robben resmi gantung sepatu pada usia 37.
Pensiun kali ini adalah yang kedua bagi Robben setelah dua tahun lalu, atau tepatnya Juli 2019. Ketika itu Robben memutuskan berhenti sebagai pemain setelah 9 musim berseragam Bayern Munchen.

Akan tetapi setelah satu musim pensiun pemain kelahiran Bedum, Belanda, ini kembali ke lapangan hijau memperkuat klub masa kecilnya Groningen di Liga Belanda 2020/2021.

Satu musim setelah kembali berkostum Groningen, Robben memutuskan pensiun lagi. Pada musim lalu Robben tampil dalam 7 pertandingan bersama Groningen dengan menciptakan 2 assist.

“Teman-teman sepak bola yang terhormat, saya memutuskan menghentikan karier sepak bola aktif saya. Pilihan yang sangat sulit,” ujar Robber dilansir koranindonesia.id dalam unggahan di Twitter.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas semua dukungan yang mengharukan. Salam, Arjen,” ucap Robben menambahkan.

Sejak menjalani karier profesional pada 2001, Robben telah bermain untuk sejumlah klub top Eropa. Mulai dari Chelsea, Real Madrid, hingga Munchen.

Kebintangan Robben terlihat saat bermain di PSV Eindhoven. Usai dua kali meraih gelar juara Liga Belanda di PSV, Robben direkrut Chelsea pada 2004.

Bersama The Blues Robben 2 kali juara Premier League, 2 Piala Liga Inggris, dan 1 Piala FA. Pada Agustus 2007, Robber pindah ke Madrid.

Akan tetapi, kariernya di Madrid tidak secemerlang di Chelsea. Meski satu kali juara Liga Spanyol, pada 2009 Robben memutuskan pindah ke Munchen.

Bersama FC Hollywood Robben meraih banyak kesuksesan. Tidak tanggung-tanggung, 8 gelar Liga Jerman, 1 Liga Champions, 1 Piala Dunia Antarklub, dan 5 kali Piala Jerman diraih Robben bersama Die Roten.

Hanya saja, performa apik Robben di klub tidak sejalan dengan kariernya di timnas Belanda. Robben pernah membawa Belanda ke final Piala Dunia 2010, akan tetapi ketika itu Der Oranje kalah 0-1 dari Spanyol.

Total penampilan Robben di sepanjang kariernya adalah bermain dalam 614 pertandingan di semua ajang dengan mencetak 209 gol dan memberikan 166 assist.

(MT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.