Banner sumsel

Replika Stupa Borobudur, Simbol Mahakarya Nusantara Kini Ada di Ukraina

UKRAINA,koranindonesia.id–KBRI Kyiv kembali membuat gebrakan budaya di Ukraina. Kali ini dengan membangun replika stupa Borobudur, yang berukuran sama dengan aslinya di areal Taman Indonesia di kawasan Kebun Raya Nasional M.M. Gryshko, Kyiv, ibukota Ukraina. Stupa ini  diresmikan oleh Dubes RI, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, S.H.,M.E. pada 17 Agustus 2019 bertepatan dengan acara Resepsi Diplomatik HUT RI ke-74.

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari politisi, pengusaha, jajaran pejabat tinggi setempat, para Kepala Perwakilan Asing dan Organisasi-Organisasi Internasional di Ukraina, tokoh masyarakat, seniman, budayawan, masyarakat Indonesia di Ukraina, kalangan jurnalis setempat dan seluruh friends of Indonesia mitra-mitra KBRI di Ukraina.

Prosesi acara dimulai tepat pukul 16.30 waktu Kyiv ditandai dengan bunyi gong tiga kali yang langsung disusul dengan mengumandangkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan lagu kebangsaan Ukraina. Suasana khidmat ini disusul dengan pidato sambutan peresmian stupa oleh Prof. Volodymyr Radchenko, ilmuwan Kepala Dewan Presidum National Academy of Science of Ukraine yang membawahi  National Botanical Garden M.M. Gryshko, dan diteruskan dengan sambutan  oleh Dubes RI Kyiv.

Prof. Volodymyr Radchenko, ilmuwan Ukraina  ini dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah Indonesia atas terbangunnya stupa Borobudur di wilayah yang dipimpinnya ini, serta mengapresiasi  upaya yang dilakukan oleh KBRI dalam mendekatkan hubungan kedua rakyat melalui keindahan Taman Indonesia yang dibangun oleh KBRI di kawasan Kebun Raya yang dipimpinnya ini. Kini warga setempat dapat menikmati suasana Indonesia yang secara permanen tertancap di kawasan ini.

Dubes RI, dalam sambutannya pada momen bersejarah ini menyampaikan bahwa Borobudur merupakan mahakarya Nusantara yang menggambarkan kebesaran peradaban bangsa Indonesia. Saat bangsa Indonesia merayakan HUT Kemerdekaannya yang ke-74 in.

“Kepada rakyat Ukraina ucapan selamat menyambut Hari Kemerdekaan Ukraina ke-28 yang jatuh pada tanggal 24 Agustus mendatang, dan atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, kami mempersembahkan replika Stupa Borobudur ini sebagai hadiah Hari Kemerdekaan Ukraina sekaligus sebagai tanda kenangan persahabatan abadi antara Indonesia dengan Ukraina,”kata Dubes Yuddy.

Dijelaskan Yuddy,  Stupa Borobudur ini adalah ungkapan cinta kasih bangsa Indonesia kepada rakyat Ukraina sebagai tanda kenangan persahabatan abadi yang akan tinggal selama-lamanya.

Di hadapan sekitar 400-an tamu yang menyaksikan peresmian ini, Dubes Yuddy menyampaikan bahwa Stupa Borobudur ini merupakan sumber inspirasi kreatif bagi generasi penerus kedua bangsa Indonesia dan Ukraina yang akan menyatukan persahabatan abadi sebagai upaya kedua bangsa turut menciptakan perdamaian dunia. Dubes Yuddy berharap agar kehadiran Stupa Borobudur di Ukraina ini memberi inspirasi bagi dunia tentang arti pentingnya persahabatan, dan cinta kasih umat manusia yang tanpa terbatas.

Selain peresmian replika , hadirin langsung disambut oleh gemulai tarian pembuka Lenggang Nyai dari Jawa Barat yang dibawakan scara duet oleh Ayesha Fatma Nandhira, putri Dubes Yuddy bersama Maryna Kyrylchuk, eks penerima beasiswa RI Darmasiswa yang dengan lincah dan anggun menari persis di depan stupa. Selesai tarian, Dubes Yuddy mempersilahkan para tamu dan hadirin untuk mencicipi hidangan khas Indonesia yang ditata serba hijau beralaskan daun pisang asli yang khusus disiapkan oleh sang maestro chef cook KBRI, Putu Mahayasa.

Selain itu, Tari Pendet dan Tari Batik keduanya dibawakan oleh para mahasiswi prodi bahasa dan sastra Indonesia Universitas Negeri Kyiv Taras Shevchenko, disusul tari Jaipongan oleh Ayesha Fatma Nandhira, puteri Dubes Yuddy, dan disambung tari Bali oleh Viktoria Marmurash, mantan peserta program beasiswa Darmasiswa RI yang baru saja tiba dari Indonesia turut mendemonstrasikan keahliannya yang baru didapatnya selama mengikuti program Darmasiswa di Indonesia.

Hampir seluruh peserta pentas budaya menggunakan sumber daya lokal, para mahasiswi prodi bahasa dan sastra Indonesia Universitas Taras Shevchenko, warga setempat anggota friends of Indonesia di Ukraina, dan semuanya ini merupakan produk budaya Indonesia yang ditanam oleh KBRI dari tahun ke tahun.

Stupa Borobudur yang baru diresmikan oleh Dubes RI, dibangun selama 51 hari oleh 3 orang pekerja seni bangunan yang khusus didatangkan dari Indonesia. Stupa berada di areal Taman Indonesia yang sudah lebih dulu dibangun oleh KBRI dan diresmikan pada 28 Oktober 2017, di kawasan National Botanical Garden M.M. Gryshko di Kyiv, yang merupakan kebun raya terbesar di Kyiv dan termasuk salah satu yang terbesar di Ukraina yang memiliki ribuan spesies pohon dan tanaman tropis dan subtropis. Kebun raya seluas 1,2 km2 (120 hektar) ini dibangun pada tahun 1932  dan merupakan obyek wisata  keluarga tak pernah sepi pengunjung. (rel)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.