Banner sumsel

Rencana KPU Gelar Debat Capres-Cawapres di Luar Jakarta Disoal

JAKARTA, koranindonesia.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana, acara debat pasangan capres-cawapres pada pelaksanaan Pilpres 2019 mendatang tidak akan digelar di Jakarta. Sebab, format menggelar acara debat capres-cawapres di Jakarta dinilai tidak efisien.

Namun demikian, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) nomor urut 01 Jokowi-Ma’aruf, Abdul Kadir Karding mengatakan, tidak sependapat dengan KPU yang berencana menggelar acara debat kandidat di luar Jakarta. Kata Karding, sepanjang acara debat nantinya ditayangkan di media televisi, maka seharusnya tidak ada masalah terkait hal tersebut.

“Tidak relevanlah jika pelaksanaannya di luar kota. Karena debat itu biasanya lebih banyak menggunakan media televisi sehingga akan lebih efektif di Jakarta,” katanya kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (27/11/2018)

Ditambahkan Karding, pelaksanaan acara debat kandidat di luar Jakarta justru, akan lebih menguras energi dan banyak lagi yang harus disiapkan. Toh, pada era digital saat ini debat kandidat tidak dilakukan di depan masa, tapi di televisi.

Abdul Kadir Karding (FOTO/IST)

“Sesuai saran KPU yang hanya menetapkan beberapa orang saja dari setiap pasangan calon atau Paslon untuk dikirim menonton. Maka, idealnya memang debat capres dan cawapres berada di Jakarta,” terangnya

Sebelumnya, KPU menyatakan wacana menggelar acara debat kandidat capres-cawapres tidak hanya di Jakarta saja. Meski KPU mengakui hal tersebut sifatnya masih rencana karena perlu disosialisasikan dengan peserta lain.

“KPU beralasan debat di luar kota Jakarta dilakukan, agar setiap daerah memiliki pengetahuan soal pelaksanaan pemilu. Plus, mengikat perasaan masyarakat daerah bahwa pemilu adalah hal yang penting bagi mereka,” tandasnya.

(erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.