Bhintan Shalawat

Ratusan Karyawan KUD PTP Minanga Ogan Mogok Kerja

BATURAJA, koranindonesia.id – Sekitar 150 orang karyawan pada KUD PTP Minanga Ogan afdeling Kisam, Kuang, GMJ, Senai, dan Sugi, ramai-ramai mogok kerja. Aksi mogok kerja dilakukan di Kantor PTP Minanga Ogan, Kecamatan Lubuk batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan (Sumsel), Senin (11/3/2019) sekira pukul 08.00 WIB.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara spontan oleh karyawan KUD PTP Minanga Ogan secara berkelompok. Adapun tuntutan para karyawan ini adalah terkait persoalan gaji, uang transport, Jamsostek, serta jatah pembagian (catu) beras bagi karyawan.

Pengakuan mereka, untuk gaji pokok, terhitung 1 Januari 2019 dan 2 Maret 2019, yang baru dibayarkan 30%. Mereka minta dibayarkan. Sementara, untuk uang tranport, belum dibayarkan sejak dua tahun belakangan. Sedangkan iuran Jamsostek karyawan, terakhir dibayar pada Februari 2018 silam, demikian pula untuk catu beras masih menurut para karyawan ini, sudah selama dua tahun belakangan belum dibayarkan. Ironisnya, sementara untuk jatah para KBL dan staf dibayarkan penuh oleh perusahaan.

Sementara itu, Ketua Serikat Buruh PTP Minanga Ogan Adi Ismed dan Sekretaris Serikat buruh PTP Minanga Ogan Samsul Azhar, bahwa kegiatan tersebut tidak ada koordinasi atau pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak Serikat Buruh.

Dikarenakan belum ada kesepakatan antara PTP Minanga Ogan dengan karyawan KUD PTP Minanga Ogan yang menggelar aksi tersebut, serta perwakilan Afdeling Kisam, Kuang , GMJ , Senai, dan Sugi, maka diputuskan perundingan ini akan dilakukan kembali, esok hari, Selasa (12/3). Aksi yang berakhir sekira pukul 13.00 WIB itu pun berjalan dengan aman dan terkendali.

(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.