Banner sumsel

Puluhan Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Alat Bantu Dengar dan Kursi Roda

PALEMBANG, koranindonesia.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel) melalui Dinas Sosial Provinsi Sumsel bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel menggelar kegiatan Ramadan Berkah, di Halaman Kantor Dinsos Provinsi Sumsel, Kamis (23/5/2019).

Pada kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sumsel Hj Febrita Lustia Deru menyerahkan bantuan yang sebagian besar diterima oleh masyarakat kurang mampu terdiri dari kursi roda sebanyak 20 unit, bantuan alat dengar, bantuan tongkat ketiak (kruck ketiak) dan tongkat tripot STIK (tongkat kaki 3) kemudian pemberian sembako bagi warga yang kurang mampu sebanyak 200 paket.

Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Febrita Lustia Herman Deru menuturkan, kegiatan Ramadan Berkah merupakan salah satu bentuk perhatian Pemprov Sumsel terhadap seluruh warganya tanpa terkecuali. Selain itu pula menurutnya, kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan saat Ramadan saja melainkan, akan terus dilakukan secara berkesinambungan sehingga tercipta kesetaraan bagi para penyandang disabilitas.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat baik bermanfaat terutama untuk membantu para lansia, orang-orang yang membutuhkan, di mulai dari bulan Ramadan inilah, kita harus memberikan perhatian kepada mereka semua, jadi yang khususnya disabilitas banyak yang berharap di Lebaran ini mereka bisa juga bertemu dengan keluarganya,” ungkapnya.

Dikatakan Febrita, alat bantu tersebut nantinya diharap dapat bermanfaat untuk menunjang peningkatan fungsi fisik dan sosial serta mengurangi ketergantungan penyandang disabilitas tersebut kepada orang lain.

“Kedepan tetap berlanjut, tetap dilaksanakan, tapi pada saatnya nanti akan ada terobosan lainnya, untuk menyentuh masyarakat. Harapan kita lebih banyak lagi yang disiapkan agar sama rata dan semua merasakan,” tambahnya.

(FOTO/HUMAS PEMPROV)

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Sumsel, Rosyidin Hasan menambahkan, mereka yang terbaring lama dengan bantuan duduk di kursi otomatis akan berbahagia, kemudian yang pendengarannya agak kurang diberikan alat pendengar, kemudian yang jalannya susah dibantu juga dengan alat.

“Silaturahmi juga bertambah banyak termasuk juga ada bingkisan dari PKK Provinsi Sumsel, bagi mereka yang kebakaran kemarin ada 200 paket yang isinya cukup ada beras ada gula ada minyak, tepung terigu, susu bisa meringankan mereka menghadapi lebaran ini,” tuturnya.

Sebagaimana yang disarankan Gubernur Sumsel, dikatakan Rosyidin untuk dapat membuat jejaring dengan masyarakat, yang belum punya kemampuan. “Kita coba ketuk hatinya dan alhamdulillah sekarang terkumpul kursi roda dan yang lain-lain. Dan kita terus mencoba agar mereka bisa menikmati kehidupannya, jangan hanya tebaring di kamar terus Lansia bahagia diusia tuanya,” pungkasnya.
(rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.