Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

Propam Belum Beri Sanksi Anggota Yang Terlibat Kasus Penembakan Anggota FPI

JAKARTA, koranindonesia.id – Divisi Propam Mabes Polri masih memeriksa sejumlah anggota polisi yang terlibat bentrokan dengan 6 laskar FPI di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada Senin (7/12/2020) dini hari.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan bahwa proses pemeriksaan kode etik disiplin terkait ada atau tidaknya pelanggaran SOP (Standar Operasional Prosedural) yang dilakukan anggota polisi saat melakukan penembakan terhadap 6 laskar FPI.

“Ya tentunya itu bagian daripada pengawasan dan evaluasi yang dilakukan oleh propam dan itu belum selesai juga (pemeriksaan Div Propam),” kata Argo dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Kendati demikian, kata Argo, Polri akan terbuka dengan Komnas HAM yang melakukan investigasi kasus bentrokan yang berujung tewasnya 6 laskar FPI.

“Kita juga welcome yang dibutuhkan (Komnas HAM) apa kita berikan. Dan penyidik misalnya dimintai keterangan pun oleh Komnas HAM kita juga hadir,” ucap Argo.

Di sisi lain, penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim tengah melakukan penyidikan terkait kasus penyerangan yang diduga dilakukan oleh laskar pengawal Habib Rizieq Syihab.

“Polisi juga menyiapkan beberapa saksi yang sudah dilakukan pemeriksaan oleh Dirtipidum Bareskrim,” tuturnya.

Pemeriksaan sejumlah saksi dalam rangka mengetahui proses pidana yang dilakukan laskar FPI. Meski yang diduga terlibat penyerangan sudah meninggal dunia.
“Nanti kita bisa mengetahui artinya peristiwa pidananya seperti apa?. Dan kalau misalnya ada saksi yang melihat dan mendengar belum diperiksa oleh Bareskrim Polri, kita ada namanya hotline nanti bisa kita panggil,” tegasnya.

Untuk diketahui, peristiwa penyerangan Laskar FPI terhadap aparat kepolisian itu terjadi pada Senin 7 Desember 2020 pukul 00.30 WIB di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek.

Petugas yang merasa keselamatan jiwanya terancam langsung mengambil tindakan tegas terukur. 6 orang pendukung Rizieq meninggal dunia, sementara 4 lainnya melarikan diri. (Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.