Banner sumsel

Printer Cepat Rusak? Tips Merawat Printer

PALEMBAG, koranindonesia.id – Printer salah satu perlengkapan untuk menjalani usaha dan pekerjaan, tanpa adanya printer mungkin akan menghambat kinerja anda dalam melakukan pekerjaan. Biasanya masalah printer itu karena kerusakan pada kartrid dan toner dan apalagi untuk penguna yang awam mungkin tidak akan menyadari jika ada masalah di printer mereka. Ada beberapa tips merawat printer yang dilansir dari laman printer-hero.com

  1. Pemakaian Printer yang Teratur, printer yang jarang di gunakan akan menyebabkan tinta kering dan hal itu akan menyebabkan tersumbatnya aliran tinta pada catridge,  dengan menjaga pemakaian printer minimal 1 kali dalam seminggu membuat jalanya tinta yang melewati nozle menjadi lancar. tapi jika nozle itu tersumbat dengan tinta yang mengering di situ akan membuat catridge menjadi tidak bisa memberikan hasil yang baik (hasil terkadang putus – putus atau tidak sempurna) solusinya hanyalah bisa mengganti catridge baru.
  2. Pengisian Tinta berkala Pada Tabung ataupun Catridge, printer dalam penggunaan terus menerus maupun jarang di gunakan akan selalu mengkonsumsi tinta, ditambah lagi jika kalian sering melakukan Head Cleaning pada Printer, hal tersebut dapat membuat tinta banyak terbuang sehingga tinta semakin cepat habis, hal yang perlu kalian waspadai adalah lupa tidak mengisi tinta. Jika hal itu terjadi akibatnya akan ada udara yang menyelinap masuk ke dalam selang pengisian tinta kalian. hal ini akan membuat jalanya tinta tidak sempurna. Jadi pastikan minimal setengah dari tabung tinta kalian harus terisi.
  3. Cara Mematikan printer secara benar, proses Mematikan printer yang benar adalah dengan cara menekan tombol power (On / Off) yang terdapat di bagian printer,  hal tersebut akan membuat printer secara otomatis membersihkan Head printer sebelum kembali ke tempat semula seperti keadaan printer mati sebelumnya, keuntungan yang di dapat dari cara tersebut adalah membuat head catridge selalu terjaga kebersihanya dari debu dan kotoran . Dan jangan sampai kalian pernah mematikan printer dengan mencabut kabel listrik secara langsung ataupun di saat proses pembersihan belum selesai (masih proses) hal itu akan menyebabkan head berhenti secara tiba tiba di bagian tengah sehingga dapat merusak head .
  4. Menjaga Kebersihan Printer Dan Area sekitar Printer, menjaga Kebersihan Printer sangatlah penting dalam merawan Printer. Karena pada dasarnya printer sangatlah sensitif terhadap kotoran maupun barang – barang asing yang masuk ke dalam bada Printer, Jadi Printer seharusnya selalu tertutup atau terlapisi dengan plastik atapun kain yang menutupi secara keseluruhan bagian atas untuk mencegah adanya kotoran, debu, ataupun barang asing yang bisa masuk ke dalam printer. Tentunya juga dengan dukungan dari area lingkungan printer yang bersih dan jauh dari kotoran. Contoh Pada Tabung Tinta. pasti kalian membuka penutup karet bagian atas tabung, jika kalian tidak menutupi bagian atasnya dengan pelindung maka tabung akan dapat dengan mudah kemasukan debu atau kotoran akibatnya akan membuat tinta menjadi menggumpal dan jika tinta yang menggumpal itu masuk ke dalam printer dan di proses ke catridge catrige akan mengalami penyumbatan. Contoh lainnya benda asing yang masuk ke dalam bagian memasukan kertas printer akan menyebabkan printer menjadi sering Papper Jump dan kadang printer tidak dapat di gunakan.
  5. Menjaga Roller dan Tempat Masuk Kertas, menjaga kebersihan pada Roller dan tempat masuk kertas pada printer juga menjadi salah satu hal fatal yang paling sering di lupakan , kebanyakan kalian meninggalkan Sisa Kertas setelah melakukan pemakaian Printer begitu saja, kertas yang kalian tinggalkan tersebut akan terkena debu dan kotoran jika semakin lama kertas itu tidak terpakai akan semakin tebal debu yang menempel pada kertas . Lalu jika kertas tersebut di gunakan akan menyebabkan kotoran  menempel di bagian Roller printer, jika terus menerus seperti itu roller printer akan semakin kotor dan jika terus menerus di gunakan roller akan menjadi Aus dan mengakibatkan printer akan semakin susah untuk membaca dan menyalurkan kertas.semoga bermanfaat (nnn)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.