Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba Bayar Pajak

Presiden Jokowi lantik Gubernur-Wagub Kalimantan Utara 2021-2024

Jakarta,koranindonesia.id-Presiden Joko Widodo melantik Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Utara masa jabatan 2021-2024.

Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP mengenakan baju dinas gubernur warna putih dengan masker kain putih ketika mengucapkan sumpah jabatan dengan dibimbing oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata Zainal dan Yansen mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara Jakarta, Senin.

Sebelum mengucapkan sumpah Zainal dan Yansen terlebih dahulu menerima surat Keputusan Presiden Nomor 19/P Tahun 2020 tanggal 9 Februari 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Masa Jabatan Tahun 2021—2024 di Istana Merdeka.

Dari Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Zainal Arifin Paliwang, Yansen TP serta pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw melakukan kirab sederhana bersama menuju Istana Negara bersama dengan paspampres dengan tetap menjaga jarak satu sama lain.

Pelantikan itu dihadiri oleh undangan terbatas sekitar 20 orang termasuk Mendagri Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta pejabat terkait lainnya.

Setelah mengucapkan janji jabatan, Zainal dan Yansen melakukan foto bersama dan menerima ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker.

Hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kalimantan Utara pada 18 Desember 2020 menyatakan Zainal Arifin Paliwang–Yansen TP sebagai pasangan calon nomor urut 3 unggul dalam pilkada Kaltara 2020 dan meraih 145.778 suara.

Keduanya unggul atas pasangan nomor dua, Irianto Lambrie – Irwan Sabri yang meraih 109.968 suara dan nomor urut satu, Udin Hiangio – Undunsyah yang memperoleh 62.143 suara.

Tingkat partisipasi pada Pilkada 2020 mencapai 75 persen.(ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.