Banner sumsel

Presiden: Indonesia jadi Kekuatan Maritim Dunia

BALI, koranindonesia.id– Presiden Joko Widodo  menegaskan bahwa Indonesia sudah bertekad untuk menjadi kekuatan maritim dunia. Untuk itu, dalam 4 (empat) tahun terakhir, sudah dilalukan  berbagai langkah telah dilaksanakan  seperti,  meningkatkan konektivitas melalui tol laut dengan memperkuat armada laut dan pembangunan 477 pelabuhan. Kedua, Pengurangan polusi laut dengan target pengurangan sampah plastik di laut sebesar 70% pada tahun 2025; dan ketiga. Tercapainya kawasan konservasi perairan seluas 20 juta hektar pada tahun 2018,  dua tahun lebih cepat dari target 2020.

Selain itu untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, menurut Presiden, Indonesia aktif memajukan kerja sama maritim di ASEAN, IORA, Forum Pasifik Selatan, PBB, dan berbagai forum-forum internasional lain.

“Ke depan, Indonesia juga ingin memajukan kerja sama maritim di kawasan Indo-Pasifik,” tegas Presiden Jokowi seperti dilansir setkab.go.id saat membuka Konferensi Kelautan Internasional Our Ocean Conference (OOC) 2018, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Bali, Senin (29/10)

Oleh karena itu,   kata Presiden  bersama dengan ASEAN, dengan mitra ASEAN. konsep kerja sama Indo-Pasifik sedang dikembangkan Indonesia, dengan menekankan  Habit of dialogue dan kerja sama; inklusifitas; dan  penghormatan terhadap hukum internasional.

OCC 2018 ini dihadiri oleh 1.900 perwakilan dari 70 negara dan beberapa pemimpin negara serta puluhan menteri. (ard/rel)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.