Banner Pemprov 2020
Banner september

Presiden: Gas dan Rem Harus Seimbang dalam Kondisi Saat ini

SURABAYA,koranindonesia.id—Presiden Joko Widodo mengatakan mengelola manajemen krisis saat ini, rem dan gas ini harus betul-betul seimbang. Tidak bisa gas di urusan ekonomi tetapi kesehatannya menjadi terabaikan, tidak bisa juga konsentrasi penuh di urusan kesehatan tetapi ekonominya menjadi sangat terganggu.

“Gas dan rem inilah yang selalu saya sampaikan kepada Gubernur, Bupati, Wali Kota, ini harus pas betul, ada balance, ada keseimbangan sehingga semuanya dapat dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Inilah sulitnya saat ini,”kata presiden, Kamis (25/6) saat melakukan arahan terkait penangan Covid-19 di Jawa Timur.

Oleh sebab itu, kata presiden ia minta dalam waktu 2 minggu ini pengendaliannya betul-betul kita lakukan bersama-sama dan terintegrasi, dari semua unit organisasi yang kita miliki di sini, baik itu di Gugus Tugas, baik itu di provinsi, baik itu di kota dan di kabupaten, seterusnya sampai ke rumah sakit, kampung, desa, semuanya ikut bersama-sama melakukan manajemen krisis sehingga betul-betul kita bisa mengatasinya dan menurunkan angka positif tadi.

Ia juga menyampaikan bahwa yang paling penting ada kerja sama yang baik, ada sinergi antarmanajemen-manajemen yang ada. Presiden melihat memang yang paling tinggi adalah di Surabaya Raya. Ini adalah wilayah aglomerasi yang harus dijaga terlebih dahulu, dikendalikan terlebih dahulu.

“Enggak bisa Surabaya sendiri, enggak bisa. Gresik harus dalam satu manajemen, Sidoarjo harus dalam satu manajemen, dan kota/kabupaten yang lain, karena arus mobilitas itu yang keluar masuk adalah dari bukan hanya Surabaya tapi dari daerah juga ikut berpengaruh terhadap naik dan turunnya angka COVID-19 ini. Saya titip agar koordinasi antarmanajemen tadi betul-betul dilakukan,”tambah presiden seperti dilansir setkab.go.id.

Presiden juga meminta kepada Pangkogabwilhan 2 untuk membantu secara penuh terutama dalam menyinergikan, menangani langsung rumah sakit darurat dan menyinergikan dengan rumah sakit-rumah sakit rujukan. Dipilahkan mana yang berat, mana yang ringan, penempatannya di rumah sakit yang mana sehingga semuanya tidak masuk ke dalam satu titik dan tidak dipisah-pisahkan, dan tidak menumpuk pasien itu di satu rumah sakit sementara yang lain masih banyak yang kosong. (ard)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.