Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

Presiden Apresiasi Transformasi Digital MA

Jakarta,koranindonesia.id-Presiden Joko Widodo mengapresiasi, upaya Mahkamah Agung (MA) menggunakan teknologi dalam melayani masyarakat yang mencari keadilan. Meskipun di tengah merebaknya wabah global COVID-19 yang melanda berbagai wilayah di Indonesia.

“Pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada upaya-upaya yang telah dilakukan oleh MA,” ujar Presiden Joko Widodo ketika memberikan sambutan pada Sidang Pleno Istimewa Tahunan Mahkamah Agung secara virtual pada Rabu (17/2/2021).

Rupanya adanya pandemi, membuat MA mempercepat perubahan dengan menggunakan teknologi digital. Sehingga, saat ini banyak masyarakat dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan yang diberikan oleh MA.

“Datangnya pandemi justru mempercepat terwujudnya rencana besar menggunakan teknologi informasi di lingkungan peradilan,” katanya.

Menurut dia, penggunaan teknologi dalam peradilan yang dilakukan oleh MA selama pandemi COVID-19 terbukti meningkatkan kinerja lembaga tersebut. Indikasinya, jumlah kasus yang diselesaikan oleh MA lebih banyak dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Dengan pelayanan yang berbasis teknologi di atas membuat masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan keadilan. Melalui aplikasi dan kanal yang telah disediakan oleh MA, masyarakat dapat mengaksesnya dari kediamannya masing-masing.

“Membuktikan bahwa sistem peradilan kita mampu beradaptasi dengan cepat terus berinovasi agar mampu melayani masyarakat,” katanya.

Adanya teknologi di atas, Presiden berharap, MA terus meningkatkan kualitas aplikasi pelayanan publiknya kepada seluruh masyarakat yang mencari keadilan. Sehingga, masyarakat dapat mejadi lebih mudah lagi dalam mendapatkan jaminan keadilan setiap saat.

“Terus meningkatkan kualitas aplikasi e-litigation termasuk standardisasi kewajiban para pihak saksi dan ahli secara daring. Kemudian, salinan putusan secara daring,” pungkasnya.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.