Banner sumsel

Potensi Karhutla Tahun Depan Diprediksi Meningkat

PALEMBANG,koranindonesia.Id-Balai Pengendalian Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Sumatera memprediksi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2019 bakal meningkat. Menyusul adanya fenomena el-nino atau kekeringan panjang di Sumsel.

Korwil Daops pada BPPIKHL Sumatera, Tri Prayogi mengakui di tahun 2019 kondisi panas bakal meningkat akibat adanya fenomena el-nino yang membuat potensi Karhutla semakin meningkat.

Untuk menekan terjadinya Karhutla, pihaknya lebih fokus dalam pencegahan seperti patroli secara mandiri dan terpadu. “Jadi di tahun depan dititikberatkan kepada pencegahan,” katanya saat ditemui di Palembang, Kamis (8/11/2019).

Selain itu, pihaknya juga bakal melengkapi segala prasarana yang kurang seperti selang dan lain sebagainya serta menambah Sumber Daya Manusia (SDM) mengingat besarnya wilayah Sumatera.

Saat ini, meski Satgas Karhutla telah ditutup para petugas di lapangan tetap beroperasi untuk membantu pengembalian kondisi lahan serta melakukan perawatan sarana yang digunakan.

“Kami harap dengan upaya ini dapat meminimalisir terjadinya Karhutla di tahun 2019 mendatang,” pungkasnya. (ram)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.