Banner sumsel

Polri Tegaskan Netral Dalam Pemilihan Presiden 2019

JAKARTA,koranindonesia.Id-Mabes Polri menegaskan Polri dan Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, tidak terlibat dalam kampanye pasangan Capres manapun dan berlaku netral dalam Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan setelah Capres Jokowi, menunjukkan foto Kapolri kepada tim kampanye daerah (TKD) di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan pimpinannya tetap bersikap netral dalam berpolitik. Menurutnya, penunjukkan foto Kapolri bukan berarti mewakili sikap politik Tito sebagai pimpinan kepolisian.

“Polri dalam kontestasi Pemilu adalah netral dan tidak dibenarkan untuk mendukung salah satu pasang calon,” ungkapnya di Rupatama Mabes Polri, di Jakarta, Senin (26/11/2018).

Dedi juga menyatakan, kedatangan Kapolri ke Palembang sebagai tugas mendampingi presiden. Ia meyakinkan dalam penugasan, Polri telah memiliki batasan-batasan yang jelas, sehingga netralitas Polri tetap terjaga. Kapolri Tito segera melanjutkan tugas lain setelah mendampingi presiden menerima gelar Raja Balak Mangkunegara dari Masyarakat Adat Komering, Sumatera Selatan. Pasalnya setelah itu, Jokowi menjalankan kampanyenya sebagai capres nomor urut 1.

“Pak Kapolri dalam hal ini kapasitasnya kunjungan kerja saja, untuk mendampingi bersama Panglima TNI dan pejabat terkait, untuk mengawal presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Palembang,” paparnya.

Seperti diketahui, Jokowi menunjukkan sejumlah tokoh putra daerah Sumatera Selatan di hadapan TKD. Adapun tokoh-tokoh yang disebut dan ditunjukkan Jokowi saat sambutan adalah Gubernur Sumsel Herman Deru, mantan Gubernur Sumsel dua periode, Alex Noerdin, Ketua TKD Sumsel Syahrial Oesman, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.