Polres Ogan Ilir Gelar Apel Bersama Karhutla

INDRALAYA,koranindonesia.id-Satuan tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Ogan Ilir (Satgas Karhutla OI)  menggelar apel siaga bersama melibatkan berbagai instansi di halaman Polres Ogan Ilir. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Apel bersama, Kapolres AKBP Gazali Ahmad SIK MH, Rabu (28/3/2018).

“Satgas ini melibatkan lintas instansi pemerintah termasuk pihak swasta dan masyarakat. Semua komponen ada di dalamnya  bersatu padu untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” kata Kapolres OI, AKBP Gazali Ahmad SIK,MH kepada awak media.

Apel siaga ini dihadiri Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OI, BPBD seluruh kabupaten,  Manggala Agni, Sat Pol PP dan Damkar Kabupaten OI.  Pelaksanaan ini juga dalam rangka pemeriksaan sejumlah peralatan untuk melakukan pencegahan kebakaran.

Gazali menjelaskan, apel siaga ini dilaksanakan setelah menetapkan status siaga darurat Karhutla.Dengan demikian, segala persiapan tim di lapangan harus benar-benar matang untuk menanggulangi kebakaran.

“Pelaksanaan di masing-masing kabupaten dalam rangka melakukan pemadaman bila terjadi kebakaran lahan akan dipimpin Polres dan Pabung OKI/OI,” jelas Kapolres.

Bila dalam pelaksanaan di lapangan nantinya lokasi yang terbakar sulit dijangkau, maka Satgas di daerah akan berkoordinasi dengan provinsi.

“Kita akan mengerahkan heli untuk membantu lokasi yang sulit dijangkau. Pemadaman lewat udara akan dilakukan sembari tim darat melakukan pemadaman juga,” katanya.

Gazali menjelaskan, di Posko Satgas Karhutla disiapkan unit pemadam.Sejauh ini bantuan helikopter dari BNPB untuk memperkuat Satgas Karhutla masih dalam proses. (stn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.