Banner sumsel

Polisi Tangkap Wanita Penyebar Hoaks Pesawat Lion Air JT 610

JAKARTA,koranindonesia.Id-Polri berhasil menangkap pelaku penyebaran berita bohong atau hoaks kecelakaan pesawat Lion Air JT 610, Anisah (30).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, penyebar hoaks pesawat Lion Air JT 610 jatuh sudah ditangkap dan diamankan. Wanita yang bernama Anisah (30) tesebut ditangkap di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dua hari lalu.

“Penyidik mendapat alamat rumah pembuat hoaks setelah dilacak melalui Facebook nya, dan langsung mendatangi lokasi untuk menangkap pelaku seorang perempuan ini,” katanya kepada  koranindonesia.Id, di Jakarta, Minggu (4/11/2018).

Dijelaskan Dedi, wanita berusia 30 tahun itu, menyebarkan hoaks memposting potongan video jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 dengan caption turut berduka atas jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor register PQ-LQP tujuan Jakarta-Pangkalpinang, semoga semua penumpang cepat ditemukan. Aamiin.

“Padahal potongan pesawat itu tidak benar dan bukan pesawat yang dimaksud, ini membuat masyarakat resah. Sehingga kami melakukan penyidikan,” tandasnya.

Dengan perbuatan pelaku, penyidik telah menetapkan sebagai tersangka menyebarkannya di akun facebooknya. Akun facebook beserta handphone genggamnya pun dijadikan alat bukti oleh tim penyidik.

Pelaku penyebar hoaks dikenakan pasal 14 ayat (2) UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukuman pidana. Seluruh pelaku saat ini masih dalam pemeriksaan mendalam oleh tim siber Polri. (Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.