Banner sumsel

Polda Sumsel Kerahkan 7.800 Personel Amankan Arus Mudik

PALEMBANG, koranindonesia.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Selatan (Sumsel) Irjen Polisi Zulkarnain Adinegara mengaku, mengerahkan 7.800 personel kepolisian di seluruh Provinsi Sumsel, mendirikan 88 Pos Pengamanan dan Pelayanan di sepanjang perbatasan Sumsel dengan Lampung, Bengkulu, hingga Jambi, demi mengamankan arus mudik pada perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah tahun ini.

Ditambahkan Zulkarnain, demi menjamin keamanan arus mudik maupun arus balik, pihaknya juga akan menempatkan tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) pada sejumlah Pos Pengamanan dan Pelayanan yang ada.

“Selain itu ketersediaan stok BBM di Sumsel juga cukup bahkan Sumsel mendapatkan tambahan 19% tambahan pasokan BBM dari Pertamina. Pihak Dinkes juga mendirikan 1.892 pos pelayanan mudik,” kata Kapolda, Selasa (5/6/2018).

Selain itu Kapolda juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Sumsel, untuk mewaspadai arus lalu lintas di dua titik yang menjadi pusat arus mudik di wilayah Sumsel.

Ditambahkan Zulkarnain, ada sejumlah hal lain yang juga menjadi indikator kesuksesan pelaksanaan arus mudik lebaran, diantaranya harga pangan yang stabil. Dimana dari pernyataan pihak Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Perum Bulog, bahwa stok barang strategis seperti beras dan kebutuhan pokok lainnya di Sumsel cukup, sehingga tidak mungkin mengalami kekurangan dan terjadi lonjakan harga.

“Jadi mereka akan koordinasi jika ada kecurangan distribusi, dan akan kami tindak tegas, walaupun sebelumnya kami hanya menindak secara persuasif. Artinya, jika ada kenaikan harga dari bahan pangan berarti ada permainan harga pada distribusi, kami akan mengirim Satgas Pangan bersama Dirkrimsus untuk itu,” tandas Kapolda.

Sementara itu, pihak Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi Sumsel, juga akan mendirikan tujuh pos sesuai dengan moda transportasi yang ada, meliputi udara, laut, sungai, kereta api, dan darat.

“Kapolda menjamin jika tahun ini mudik bebas dari begal, karena beliau telah menempatkan sniper-sniper dari Korps Brimob yang akan memantau dan mengantisipasi tindak kriminal jalanan saat arus mudik maupun arus balik di wilayah Sumsel nantinya,” tandasnya.(win)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.