Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Polda Metro Tangkap Seorang ‘Calo’ Penjualan Satwa Dilindungi

JAKARTA, koranindonesia.id – Subdit Sumdaling, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap seorang ‘calo’ penjualan satwa yang dilindungi berinisial Y, tersangka Y ditangkap karena menyediakan satwa-satwa dilindungi dengan berbagai jenis untuk diperjualbelikan.

“Kita amankan satu orang pelaku inisial Y. Modusnya dia dengan cara menyimpan kemudian memelihara, memperniagakan satwa dilindungi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/1/2021).
Kasus itu terungkap dari adanya laporan masyarakat terkait penjualan hewan dilindungi. Setelah dilakukan pengecekan, polisi mendapati tersangka Y kerap menawarkan satwa dilindungi melalui media sosial.

“Modus dia berkomunitas dengan pecinta satwa di medsos dan disitu pelaku mencari siapa yang punya hewan langka dan dia siap beli. Seperti orang utan ini nanti dia jemput, dia simpan di suatu tempat dan kalau ada yang pesan dia bisa siapkan,” ungkap Yusri.

Menurut Yusri, Tim Subdit Sumdaling mendatangi kediaman Y di daerah Kabupaten Bekasi pada 19 Januari 2021 dan melakukan penangkapan. Polisi juga menemukan berbagai jenis hewan langka di dalam rumah tersangka Y.

“Kamuflasenya dia menjual binatang biasa dan di dalam rumahnya ada binatang dilindungi,” ucap Yusri.
Polisi berhasil menyita barang bukti hewan langka satu ekor bayi orang utan, tiga ekor burung beo nias dan tiga ekor lutung jawa. Atas perbuatanya, tersangka dikenakan Pasal 40 ayat 2 Junto Pasal 21 ayat 2 huruf a UU RI nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan ekosistemnya dengan ancaman penjara di atas lima tahun penjara.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.