Banner sumsel

Polana B Pramesti Jabat Dirjen Perhubungan Udara

JAKARTA,koranindonesia.Id-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menunjuk Polana B. Pramesti sebagai Dirjen Perhubungan Udara setelah dilantik oleh Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi di Kementrian Perhubungan, Jakarta, Senin (12/11/2018).

Kepastian  itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo. Dipaparkannya Polana sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bandar Udara Kemenhub. Sementara Pramintohadi Sukarno yang sebelumnya menjabat sebagai pelaksana tugas Dirjen Perhubungan Udara, kini menduduki posisi baru sebagai Direktur Bandar Udara.

Dijelaskan Sugiharjo penunjukan resmi Polana sebagai Dirjen Perhubungan Udara, dilakukan sekitar dua minggu setelah kecelakaan Lion Air JT-610. Spekualasi sempat mengemuka, terkait dugaan pejabat Kemenhub terdahulu kurang baik menduduki jabatan ini.

“Saya tidak tahu soal tersebut. Tapi yang jelas pergantian ini sudah menggunakan pertimbangan Pak Menteri,” terangnya kepada wartawan, di Jakarta, Senin (12/11/2018).

Dalam laman resmi Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana disebut sudah memulai karir sebagai kepala seksi pada Direktorat Bandar Udara pada 2007-2013. Karirnya cukup gemilang, hingga ditunjuk menjadi wakil direktur pada Direktorat Bandar Udara 2013 – 2018.

Posisi strategis lain yang pernah dijabat Polana adalah Direktur Teknik PT. Angkasa Pura I (Persero) pada Februari-Mei 2018. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Navigasi Udara pada Juni 2018.

Posisi strategis tersebut, tidak lepas dari latar belakang pendidikannya. Di tahun 1996, ia menempuh pendidikan di Singapura mengambil Post Graduation Diplome in Aerodrome Engineering, Singapore Aviation Academy.

Pada 1989-1991 Polana mengambil jurusan teknik transportasi pada Nanyang University. Sementara pada program S-1, dia merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1980-1986, jurusan Teknik Sipil.

Integritas Polana juga sudah diakui skala nasional dengan menyabet penghargaan dari pemerintah Indonesia, berupa penghargaan Satya Lencana 10 tahun, Satya Lencana 20 tahun, dan Satya Lancana Wira Karya.

Selain itu, Polana juga termasuk dalam 72 sosok wanita menginspirasi tahun 2017 versi Majalah Women’s Obsession, Kartini BUMN 2014. (Erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.