Bhintan Shalawat

PNS Harus Bisa Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

JAKARTA,koranindonesia.Id-Presiden Jokowi meminta agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendekat ke masyarakat supaya bisa memahami masalah dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Istana Negara Jakarta, Selasa (26/02/2019).

Dikatakannya semua PNS harus mendekat pada masyarakat, harus sering ke lapangan. Jadi masalahnya betul-betul bisa dikuasai.

“Para pegawai negeri harus memastikan warga bisa merasakan langsung manfaat pelayanan publik yang disediakan oleh pemerintah,” ungkapnya dalam pidatonya.

Presiden Jokowi berharap hasil Rakernas Korpri bisa menentukan arah perbaikan pelayanan publik serta rumusan-rumusan yang menunjang kinerja PNS. Selain itu dirinya mengajak anggota Korpri “berlari cepat” dan merespons perubahan-perubahan cepat dunia dan perubahan-perubahan teknologi yang menyertainya, termasuk kecerdasan artifisial, Internet of Thing, big data, crypto currency, bitcoin, dan virtual reality.

“Sekarang orientasi harus hasil, prosedur mengikuti. Orientasi-orientasi hasil yang bisa dimanfaatkan, bermanfaat bagi rakyat, bagi masyarakat, bagi negara. Program sedikit, fokus, konsentrasi, sasarannya jelas, tepat, gampang monitornya, gampang ngeceknya hasilnya dirasakan oleh rakyat,” terangnya.

Untuk itu, Presiden Jokowi yakin para PNS bisa melakukan “lompatan-lompatan” dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Ia mencontohkan “lompatan” antara lain terlihat dalam pelaksanaan program pembuatan sertifikat tanah rakyat, yang sebelumnya hanya menerbitkan 500 ribu sertifikat per tahun kemudian meningkat capaiannya menjadi lima juta per tahun pada 2017, tujuh juta pada 2018 dan targetnya bisa mencapai sembilan juta sertifikat tahun 2019.

Kepala Negara juga mencontohkan capaian pelayanan Badan Koordinasi Penanaman Modal yang kini bisa menyelesaikan perizinan dalam waktu tiga jam. Sehingga untuk pelayanan masyarakat terpuaskan.

“Lompatan-lompatan seperti itu sebetulnya yang kita mau. Kita bisa buktikan ini empat sampai 10 kali bisa, 12 kali, 14 kali juga bisa. Kita seluruh anggota Korpri para intelektual,” tandasnya. (Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.