Plt Bupati Beni Dukung Kegiatan IMMUBA Mengajar

SUNGAI KERUH,koranindonesia.id – Pengembangan Karakter merupakan usaha atau suatu proses yang dilakukan untuk menanamkan hal positif pada anak yang bertujuan untuk membangun karakter yang sesuai dengan norma, dan kaidah moral dalam bermasyarakat.

“Saya yakin dengan berbagai aspek yang akan diajarkan dalam kegiatan IMMUBA mengajar ini bisa mengembangkan karakter anak-anak disini lebih maju, tujuannya ialah membangun kecintaan terhadap daerah, karakter yang memiliki kesadaran bahwa masyarakat disini adalah bagian dari Kabupaten Muba dan bangsa Indonesia,”ujar Plt Bupati Beni saat membuka kegiaan IMMUBA Mengajar dengan tema “Human Character Development” bertempat di Balai Desa Keramat Jaya Kecamatan Sungai Keruh, Selasa (15/2/2022).

Beni menyebutkan, pada dasarnya prinsip membagun Kabupaten Muba ini yang dibutuhkan ialah karakter gotong-royong yang perlu di kembangkan, bukan karakter yang hanya berprinsip menerima saja. Kalau karakter masyarakat saat ini hanya bisa mengeluh dan minta di layani, maka sangat jauh dikatakan untuk merdeka.

“Perkuat pemberdayaan dan gotong-royong selama adik-adik IMMUBA mengabdi disini, saya sangat mendukung aspek pendidikan, lingkungan, kesehatan, ekonomi dan pariwisata yang akan kalian ajarkan dan sosialisasikan disini, mudah-mudahan pengembangan karakter SDM dapat diwujudkan dengan aspek-aspek tersebut,”ucapnya.

Ketua PMI Kabupaten Muba ini juga berpesan kepada IMMUBA, hendaknya selama mengabdi di Desa Keramat Jaya, keberadaan para mahasiswa IMMUBA dapat bermanfat dalam kegiatan sosialisasi ke masyarakat.

“Kita berharap selama seminggu ini berikan juga sosialisasi terkait program unggulan Kabupaten Muba, kalian juga akan menampung aspirasi masyarakat untuk disampaikan ke Pemkab Muba, silahkan berbaur dan bersosialisasi dan kami menunggu aspirasi dan kajiannya dalam hal Pengembangan Karakter Masyarakat,”pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum IMMUBA Vortuna Unmabsi menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Muba telah mendukung kegiatan ini, sehingga dapat berjalan dengan lancar, terkhusus kepada Plt Bupati Muba yang sudah hadir langsung dan membuka kegiatan ini.

“Kami IMMUBA back to kampung dengan program kerja yang kami unggulkan yaitu IMMUBA Mengajar, dimana sebuah program pengabdian di tanah kelahiran. Sudah menjadi peran kami sebagai mahasiswa dan pemuda untuk ikut membangun dan mengembangkan karakter anak bangsa di Kabupaten Muba.

Vortuna menjelaskan, kegiatan IMMUBA mengajar tidak hanya fokus di bidang pendidikan namun ada empat aspek yaitu, aspek pendidikan dimana akan membuat perpustakaan yang isinya buku-buku dari donatur dan ada juga sekolah inspiratif. Kemudian aspek kesehatan akan menyediakan pengecekkan kesehatan gratis dan sosialisasi pola hidup sehat.

“Selanjutnya aspek lingkungan, kami membawa sebanyak lima ribu bibit pohon yang akan di tanam di Desa Keramat Jaya. Terakhir aspek ekonomi dan pariwisata, kami akan meneliti bagaimana agar masyarakat disini bisa mendapatkan nilai tambah dari sisi ekonomi dan pariwisata untuk membangkitkan UMKM disini,”paparnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pengalungan tanda peserta dan pemasangan topi kepada panitia IMMUBA Mengajar sebagai simbolis mulai dibukanya kegiatan, serta pemberian bantuan UMKM untuk 5 orang masing-masing dengan total Rp 7.500.000

Turut hadir Dandim 0401 Muba Letkol Arh Fariz Kurniawan SST MT, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs H Yusuf Amilin, Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan H Ibnu Saad SSos MSi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba Drs Iskandar Syahrianto MH, Kepala Disnakertrans Muba Mursalin SE MSi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andi Wijaya Busro SH MHum, Kadinkominfo Muba diwakili Kepala Bidang Komunikasi Publik Yettria SKM MSi, Kabag Kesra Setda Muba H Opi Pahlopi MAg, Kabag Umum Setda Muba Sefrizal, Camat Sungai Keruh Edi Harianto, Staf Khusus Bupati Pemberdayaan Disabilitas Chandra Wijaya SH serta para Kades dalam Kecamatan Sungai Keruh.

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.